/Usaha Sablon Kaos Satuan | Berbagi Pengalaman
peluang usaha sablon kaos satuan

Usaha Sablon Kaos Satuan | Berbagi Pengalaman

Sablon Kaos Satuan . Disela-sela kesibukan ini saya kembali menyempatkan diri untuk berbagi pengalaman saya selanjutnya dalam menekuni dunia online ini.

Yup belakangan ini saya sedang tertarik sama yang namanya usaha sablon kaos satuan.

Usaha Sablon Kaos Satuan Akibat Game Mobile Legends

Mungkin banyak rekan-rekan yang bingung apa hubungannya usaha sablon kaos satuan dengan game Mobile Legends.

Tapi entah kenapa tiba-tiba saja di pikiran saya muncul ide yang terkoneksi dengan hobi baru saya belakangan ini yaitu bermain game Mobile Legends.

Sebelumnya mungkin sudah tahu kalau saya sebenarnya penggemar berat game, namun belakangan karena kesibukan sudah mulai jarang bermain game dan hanya bermain game melalui handphone saja, dengan game tunggal yang saya mainkan adalah game Clash Of Clans.

Namun sejak kemunculan game Mobile Legends minat saya untuk bermain game kembali bangkit, padahal sebelumnya saya pernah bermain game League of Legends juga di PC namun tidak begitu tertarik untuk berlama-lama memainkannya.

usaha sablon kaos mobile legends

Sejak demam game Mobile Legends melanda saya juga terkena imbasnya dan mulai akrab dengan tokoh-tokoh hero dalam game Mobile Legends ini seperti Layla, Allucard, Johnson, Miya, Clint, Roger dan sederet tokoh-tokoh lainnya.

Suatu waktu saya berkeinginan untuk membuat kaos yang menggambarkan tokoh-tokoh tersebut .

Berpikir hal tersebut insting bisnis saya mulai timbul, karena melihat dimana-mana baik anak-anak kecil sampai orang dewasa baik pria maupun wanita semua memainkan game ini.

Kenapa saya tidak membuat kaos dan merchandise game ini kemudian saya menjualnya.

Akhirnya sayapun mulai mencari-cari cara membuat kaos custom , dan melihat bahwa ternyata tidak sulit karena hanya bermodalkan bisa membuat desain di komputer maka hasilnya akan sangat keren jika dituangkan di kaos atau merchandise lainnya.

Bingung Memilih Usaha Sablon Kaos Manual Atau Sablon Kaos Digital

Awalnya sempat bingung mau memilih jalur manual atau digital.

Namun setelah mengetahui bahwa usaha sablon kaos manual tidak bisa menerima pesanan satuan maka saya memantapkan diri untuk memilih jalur usaha sablon kaos satuan berbasis digital.

Setelah memilih usaha sablon kaos digital saya kembali dibingungkan dengan jenis peralatan sablon yang dibutuhkan, yaitu jalur digital printing atau DTG.

DTG adalah jenis sablon kaos dengan mencetak langsung diatas kaos menggunakan printer yang telah dimodifikasi sehingga bisa menggunakan tinta tekstil dan memiliki tinta putih selain warna yang umumnya ada pada printer.

printer dtg adalah

Setelah banyak searching sana-sini saya mengerti bahwa untuk jalur DTG memang hasilnya luar biasa keren, tapi ternyata pengorbanan kita sebagai pemilik usaha juga tidak bisa dibilang kecil dan mudah.

Salah satu review yang saya baca malah dengan tegas mengatakan bahwa setelah memilih jalur usaha sablon kaos satuan berbasis DTG , dia kebanyakan repot urus maintenance dan perbaikan printer DTG nya daripada mengurus orderan kaosnya.

Dia mengatakan mau sebaik apapun perawatan yang dilakukan, jika menggunakan printer hasil modifikasi printer biasa maka ujung-ujungnya akan tetap rusak, mampet tintanya , atau motherboardnya yang kena, dsb.

Kenapa? Karena printer DTG menggunakan tinta putih yang menurut para pelaku DTG sangat jahat terhadap head printer.

Cerita-cerita seram tersebut sudah cukup mengurungkan niat saya untuk memilih jalur DTG, mungkin nanti setelah printer DTG ini telah lebih bisa diandalkan mungkin saya akan beralih ke metode DTG ini.

Memutuskan Usaha Sablon Berbasis Digital Printing

Akhirnya sebagai permulaan usaha saya, saya memutuskan akan ambil jalur aman saja yaitu menggunakan digital printing menggunakan tinta sublim dengan mesin hot press.

Namun ternyata kebingungan saya tidak berhenti sampai disitu saja.

Setelah memilih basis digital printing dengan tinta sublim dan hot press, saya baru mengerti bahwa metode ini hanya bisa diterapkan pada baju dengan campuran Polyester (tidak bisa 100% Cotton) yang mana baju Polyester ini lebih panas saat digunakan dan kurang dapat menyerap keringat.

Yang lebih membuat saya bingung, ternyata metode ini hanya bisa diterapkan pada baju-baju berwarna terang saja, karena beberapa kali saya mencoba untuk melakukan sablon di baju berwarna merah, biru, bahkan orange gelap hasilnya menjadi gelap dan tidak colorful.

mesin press 5 in 1

Waduh, sementara order sudah mulai berdatangan dan rata-rata mereka menginginkan baju warna biru gelap, hijau gelap, hitam, dengan bahan katun, baik combed maupun katun bambu yang mana saya kebingunan bagaimana mengerjakannya.

Setelah belajar lagi saya menemukan metode sablon dengan menggunakan metode transfer paper, yang  juga terbagi menjadi 2 lagi yaitu untuk kaos terang digunakan light transfer paper dan untuk kaos gelap digunakan dark transfer paper.

Ah lega rasanya ternyata masih ada jalan.

Ternyata rasa lega tersebut tidak berlangsung lama, karena dari hasil bicara dengan rekan yang juga melakukan usaha sablon digital ini dia mengatakan bahwa metode dengan transfer paper ini kurang bisa bertahan lama.

Untuk kaos yang event sekali pakai mungkin bisa tapi untuk kaos yang akan digunakan bertahun-tahun sebaiknya jangan, karena menurut dia transfer paper ini jika dicuci dengan cara yang salah akan langsung ‘bubar’ alias retak, terkelupas ,dan mengecewakan pelanggan.

Waduh ternyata usaha sablon kaos ini tidak sesederhana apa yang kelihatan ya.

Saya bahkan sempat berpikir untuk kembali melirik sablon manual , bahkan mempertimbangkan kembali metode printer DTG.

Usaha Sablon Kaos Satuan Dengan Transfer Paper

Namun akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba metode sablon kaos dengan transfer paper ini, dan tidak tanggung-tanggung saya langsung mencoba untuk dark transfer paper di kaos gelap.

Tadinya saya mencoba mencari jenis transfer paper yang katanya terbaik untuk jenis dark transfer paper yanitu merk 3G Opaque Transfer Paper keluaran Neenah USA.

Namun ternyata di tempat saya cukup culit mendapatkannya, malah akhirnya saya membeli jenis dark transfer paper merk e-print ukuran A4 karena sudah tidak sabar ingin mencoba metode transfer paper ini.

transfer paper terbaik

Tanpa berlama-lama saya kemudian mencoba membuat kaos dengan desain yang tadinya saya kesulitan untuk membuatnya di kaos gelap.

Selesai printing kemudian saya kupas dark transfer paper tersebut dan saya letakkan di atas mesin hot press.

Suhu saya atur 200 derajat Celcius, Timer saya set 50 detik dan hasilnya……..GOSONG !! Hahahahaha.

Transfer paper tersebut meleleh dan malah menempel pada silicon sheet yang disertakan dalam paket transfer paper ini.

Waduh kok bisa begini ya, saya kemudian merenungkan apa yang salah karena selama ini saya pakai metode sublim dan seting mesin seperti itu hasilnya cukup baik.

Akhirnya saya menarik kesimpulan suhu mesin press terlalu panas, dan kemudian saya mencoba untuk mengurangi suhu tersebut.

Saya mencoba di suhu 120 derajat Celcius dan timer di 15 detik, kembali gagal karena kali ini memang transfer paper tersebut tidak gosong dan meleleh namun justru belum menempel sempurna di kaos, sehingga waktu saya tarik silicon sheetnya kertas tersebut masih ikut terkelupas.

Hmmm tapi saya sudah mulai yakin karena warna tinta di transfer paper masih cukup jelas, sehingga saya berpikir tinggal menemukan seting yang tepat untuk membuatnya menempel dengan baik.

Setingan di mesin saya ternyata di dapat di suhu 130 derajat Celcius dengan timer 20 detik , dan dipress 2X.

Ok mungkin untuk berbagi pengalaman usaha sablon kaos satuan saya yang masih seumur jagung ini cukup sampai disini, di waktu berikutnya saya akan melakukan review untuk kertas transfer paper e-print yang saya gunakan dan bagaimana hasilnya setelah test cuci.

Jadi silahkan ikuti terus ya pengalaman saya ini.

Advertorial

Buat yang bingung mau usaha apa, serta yang sudah jenuh kerja di kantor yang seperti itu-itu saja yuk bergabung dengan kami di SB1M untuk mulai bisnis online anda.

Anda akan dibimbing sampai bisa oleh mentor-mentor handal yang sudah terbukti banyak membawa keberhasilan bagi peserta didiknya.

Untuk tahap awal anda bisa bergabung sebagai Free Member dulu untuk melihat-lihat apakah SB1M ini cocok untuk anda. Untuk itu silahkan anda klik link dibawah ini :

 

Yuk dibaca juga :

Tertarik membeli mic bluetooth? Yuk kenali cara membedakan mic bluetooth asli dan kualitas KW.

Review Mic Bluetooth paling direkomendasikan saat ini , klik untuk mengetahuinya

 

Review Dark Transfer Paper e-Print Untuk Membuat Kaos Custom Keren
5 Usaha Yang Mudah Pemasarannya
Yuk bagikan artikel ini