/Smartwatch Cognos DZ09 Review Indonesia | Review Jam Tangan Pintar DZ-09 COGNOS
review smartwatch cognos dz-09

Smartwatch Cognos DZ09 Review Indonesia | Review Jam Tangan Pintar DZ-09 COGNOS

Smartwatch Cognos DZ-09 review Indonesia . Dengan perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat saat ini kehidupan kita banyak dimanjakan dengan perangkat-perangkat pintar yang terus bermunculan.

Salah satunya adalah smartwatch atau jam tangan pintar.

jual smartwatch murah di jakarta

Bagi anak muda kekinian, tentu smartwatch sudah bukan merupakan hal yang asing lagi, namun mungkin masih banyak juga yang belum tahu smartwatch apa itu , terus apa fungsi smartwatch.

Untuk itu sebelum kita melihat review smartwatch DZ-09 tidak ada salahnya kita juga membahas mengenai apa itu smartwatch.

Apa itu Smartwatch atau Jam Tangan Pintar

Untuk menjawab pertanyaan apa itu smartwatch dapat kita katakan bahwa smartwatch adalah jam tangan yang fungsinya bukan hanya sebagai penunjuk waktu melainkan juga memiliki fungsi-fungsi tambahan lain untuk membantu kita.

Sama halnya dengan handphone yang dulunya hanya bisa untuk telepon dan sms , namun kemudian berkembang menjadi smartphone yang bisa juga untuk menonton film, mendengarkan musik, berselancar di internet, bermain game, dsb.

jual smartwatch murah di pondok gede

Demikian juga smartwatch adalah sebuah jam tangan yang selain untuk menunjukkan waktu namun juga mempunyai fungsi seperti mendengarkan musik, bertelepon dan sms, dimana untuk smartwatch kelas atas juga bisa untuk berselancar di internet, menonton youtube, mengakses media sosial, dll.

Asal Usul Smartwatch

Sebenarnya kemunculan smartwatch itu sudah dimulai semenjak dekade 1980-an , namun tentu saja karena keterbatasan teknologi pada saat itu menghalangi perkembangan smartwatch menjadi suatu yang trend.

Smartwatch yang cukup fenomenal pada awalnya adalah buatan Seiko dimana pada saat itu jam tangan pintar hanya bisa menyimpan dua digit data menggunakan keyboard khusus, dan fungsi lainnya hanya sebagai kalendar dan kalkulator.

asal usul smartwatch

Pada perkembangan selanjutnya jam tangan pintar ini kemudian mengeluarkan beberapa inovasi, namun baru tahun 1998 lah seorang bernama Steve Mann diakui sebagai penemu jam tangan pintar dengan jam tangan Linux buatannya.

Jam tangan buatan Steve Mann ini sudah bisa berkomunikasi nirkabel dengan perangkat lainnya seperti PC dan ponsel, serta sudah bisa mengirim email, menerima email serta menerima pesan pager, selain tentu saja sebagai penunjuk jam.

smartwatch pertama di dunia

Dalam perkembangannya kini jam tangan pintar telah menjelma menjadi sebuah gadget yang mempunyai fungsi mumpuni dan sangat membantu kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari.

Fungsi – Fungsi Smartwatch

Apa sih fungsi smartwatch yang membuat gadget satu ini banyak diburu penyuka barang elektronik?

Setiap jam tangan pintar mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung kelas dan  harganya, semakin mahal harga sebuah smartwatch tentunya fungsi yang ditawarkan biasanya semakin lengkap dan beragam.

Fungsi yang utama daru sebuah smartwatch tentu saja sebagai jam tangan dengan penampilan jam yang bisa berganti-ganti.

Fungsi lainnya adalah mendukung perangkat handphone kita yang jika disandingkan (pair) dengan handphone kita maka smartwatch ini bisa meneruskan beberapa fungsi yang ada du handphone kita.

Seperti misalnya menerima / melakukan panggilan telepon, menjawab sms, whatsapp, dll.

Sebagai organizer yang bisa membantu kita menyimpan kegiatan-kegiatan penting kita dengan fungsi reminder untuk mengingatkan kita akan skedul tersebut.

Smartwatch ini juga biasanya dapat berfungsi untuk mendengarkan musik yang disimpan melalui memory card atau streaming melalui ponsel kita.

Rata-rata smartwatch saat ini mulai dari yang termurah sampai yang termahal sudah dibekali dengan fungsi kamera sehingga bisa dengan mudah kita mengambil foto dan video menggunakan smartwatch ini.

Namun tentu saja kualitas kamera yang ada di smartwatch ini akan berbanding lurus dengan harga dar smartwatchnya itu sendiri.

Satu fungsi yang paling penting yang biasanya dicari orang dari smartwatch ini adalah adanya fungsi kebugaran, dimana menggunakan smartwatch ini kita bisa mengukur detak jantung kita (heart rate), kemudian mengukur kualitas tidur kita, untuk jogging, dsb.

Range Harga Smartwatch

Melihat fungsi-fungsi yang ditawarkan maka tidak heran jika smartwatch ini tersedia dalam berbagai bentuk, kualitas dan kelas yang berbeda.

Ada smartwatch yang sangat-sangat murah, namun ada juga smartwatch yang sangat-sangat mahal untuk ukuran kantong orang kebanyakan.

Range harga dari sebuah smartwatch ini dimulai dengan harga puluhan ribu untuk level terendah hingga diatas 5 jutaan untuk smartwatch kelas atas seperti apple watch, samsung gear dsb.

Jam Tangan Pintar Cognos DZ-09

Untuk jam tangan pintar yang akan kita review kali ini yaitu Smartwatch Cognos DZ-09 bisa dikatakan sebagai smartwatch kelas entry level atau kelas terendah.

Untuk jam tangan pintar Cognos DZ-09 ini sendiri dijual dengan range harga yang berbeda-beda, ada yang menjualnya dengan harga Rp 80 ribuan, hingga ada juga yang Rp.300 ribuan.

Jenis-Jenis Jam Tangan Pintar Cognos DZ-09 Yang Masuk Indonesia

Memang smartwatch Cognos DZ-09 ini dijual di Indonesia dengan bermacam jenis dan kualitas.

Sama seperti produk elektronik buatan China pada umumnya, untuk smartwatch ini pun ternyata terdapat kualitas yang asli dengan kualitas yang KW (fake DZ-09).

Jenisnya sendiri setidaknya saya melihat ada 2 jenis Smartwatch Cognos DZ-09 yaitu smartwatch DZ-09 standard dan Smartwatch DZ-09 heart rate yang memiliki sensor pengukur denyut jantung pada bagian belakangnya.

Range harga dari kedua jenis smartwatch DZ-09 inipun tidak terpaut cukup jauh (ini berdasarkan apa yang saya dapatkan).

Namun sayangnya ternyata kedua jam tangan pintar Cognos DZ-09 yang saya miliki ini sepertinya kedua-duanya adalah jenis yang KW (fake).

Karena sudah terlanjur ada di hadapan saya, tidak ada salahnya kalau tetap kita review seperti apa kualitas Jam Tangan Pintar Cognos DZ-09 KW ini.

Packaging

Untuk packaging, banyak seller yang menjual jam tangan pintar Cognos DZ-09 ini dengan tanpa menggunakan kardus.

Untungnya yang saya dapatkan ini menggunakan dus coklat polos dengan tulisan Cognos di atasnya.

jual smartwatch murah di jakarta timur

Namun sewaktu saya browsing di internet untuk melihat mengenai smartwatch Cognos DZ-09 ini ternyata saya dapati bahwa kardus untuk smartwatch Cognos DZ-09 ini ternyata berbeda dengan yang saya dapatkan.

Di web tersebut terlihat kardus packaging yang sepertinya lebih resmi yaitu kotak putih dengan gambar jam tangannya beserta fungsi-fungsinya dengan nuansa hijau dan biru yang terlihat bagus dibandingkan dengan kotak coklat polos yang datang kepada saya.

jual smartwatch murah di jakarta selatan

Saya tidak tahu mana dari antara kedua packaging ini yang merupakan packaging resmi dari smartwatch Cognos DZ-09.

Bentuk Jam Tangan Pintar Cognos DZ-09

Sewaktu saya buka dalamnya saya dapatkan jam tangannya dibungkus dengan plastik putih susu, yang didalam paketnya juga disertakan kabel micro usb to usb yang sangat-sangat-sangat…sekali lagi sangat pendek 😀 , beserta pamflet yang berisi manual penggunaannya yang tercetak dengan kualitas yang kurang baik menurut saya serta tulisan yang super duper kecil.

jual smartwatch di jakarta utara

Untuk yang asli sepertinya manualnya ini diberikan dalam bentuk buku yang tercetak dengan kualitas yang lebih baik, namun saya juga kurang tahu secara pastinya.

Dan kembali sewaktu saya browsing di internet ternyata packaging dalamnya pun berbeda, karena yang saya temukan di internet adalah seperti ini

jual smartwatch murah di jakarta barat

Beda sekali bukan ?

Jamnya sendiri terlihat cukup berkelas dengan bentuk serupa dengan smartwatch Cognos DZ-09 lainnya.

Untuk Tali jamnya atau sering disebut strap sepertinya terbuat dari bahan karet silicon yang cukup elastis tapi masih agak kaku menurut saya.

jual smartwatch murah di jakarta pusat

Untuk ujung strap yang menempel pada jamnya agak sedikit menutupi penutup belakang jamnya sehingga agak menyulitkan ketika kita ingin membuka atau memasang penutup belakang jam tersebut.

Port Chargernya terletak di sebelah kiri jam ditutup dengan karet kecil di atasnya.

jual smartwatch cognos dz-09 di jakarta timur

Untuk tombol hanya ada satu tombol yang lumayan besar di sebelah bawah layar, yang berfungsi untuk mematikan/menghidupkan layar, untuk tombol ok maupun sebagai tombol kamera.

jual smartwatch cognos dz-09 di jakarta selatan

Sedangkan untuk kameranya terletak di atas layar (bagian depan jam)

jual smartwatch cognos dz-09 di jakarta barat

Jika kita lihat bagian belakangnya, terdapat tutup jam yang polos tanpa tambahan sensor apa-apa seperti misalnya untuk mengukur heart rate, atau sensor lainnya melainkan hanya terdapat logo cognos saja.

jual smartwatch cognos dz-09 di jakarta utara

Untuk Slot yang disediakan, terdapat 1 buah slot untuk Sim Card (Mini Sim Card), dan 1 buah slot memory card. Untuk Sim cardnya sendiri hanya bisa untuk yang tipe GSM.

jual smartwatch cognos dz-09 di jakarta pusat

Sedang untuk memory cardnya tersedia slot untuk micro SD, yang diatas kedua port tersebut di tutupi oleh semacam isolasi hitam , yang entah fungsinya untuk apa.

jual smartwatch cognos dz-09 di pondok gede

Namun secara keseluruhan penampilan smartwatch Cognos DZ-09 ini boleh dibilang masih sangat lumayan, mengingat harga untuk memilikinya juga sangat-sangat terjangkau.

Spesifikasi Smartwatch Cognos DZ-09

jual smartwatch murah di pangkal pinang

Untuk spesifikasi Smartwatch Cognos DZ-09 sendiri bisa dijelaskan sebagai berikut :

  • Jenis Layar : Capacitive Touch Screen TFT LCD
  • Ukuran Screen : 1.56″
  • Processor : CPU MTK6260A dengan speed 533 MHz
  • Sim Size : Micro SIM (GSM) – SIngle
  • Baterai : 380mAh rechargeable battery
  • Bluetooth version : Bluetooth V3.0+EDR
  • Jarak Transmisi : 10 Meter
  • Bahan : Rangka Besi + Tali Strap Silicon
  • Format Picture yang bisa diterima : JPEG, GIF, BMP, PNG
  • Music Format yang bisa dimainkan : MP3, WAV
  • Video yang bisa dimainkan : AVI

FUNGSI-FUNGSI YANG BISA DIJALANKAN OLEH SMARTWATCH COGNOS DZ-09 INI

  • Menerima dan melakukan panggilan telepon
  • Membaca dan mengirimkan SMS
  • Berfungsi sebagai tombol remote selfie
  • Melihat Photo
  • Menonton Video
  • Monitor Kualitas Tidur (Sleep Monitoring)
  • Two way anti lost menemukan handphone dan smartwatch
  • Pedometer yaitu mengukur gerak langkah
  • Streaming musik lewat smartwatch

Cara menyambungkan

Untuk pairing Smartwatch ini dengan handphone sangat mudah karena untuk smartwatch DZ-09 yang saya dapatkan ini sudah memiliki icon bluetooth di dalamnya.

Sehingga saya cukup menghidupkan saja kemudian di ponsel saya bluetoothnya juga saya hidupkan dan search for device saya aktifkan.

Tidak berapa lama smartwatch ini akan ditemukan di ponsel saya dengan nama M9, dan proses pairing berlangsung dengan lancar.

Review Smartwatch Cognos DZ-09

Baik setelah kita meninjau dari segi tampilan dan fungsi-fungsinya , mari kita lihat seperti apa kualitas dari SMartwatch murah Cognos DZ-09 ini.

Tampilan Layar

Yang pertama kita akan lihat adalah tampilan layar smartwatch Cognos DZ-09.

jual smartwatch murah di surabaya

Dengan layar seluas 1.56″ tampilan layarnya cukup enak dipandang dengan menu-menu yang tersusun cukup baik layaknya sebuah smartphone.

Huruf yang ada pun juga bisa terbaca dengan cukup baik dengan tingkat kecerahan yang lumayan cerah walau dilihat di luar ruangan sekalipun.

Secara default ada 3 buah tampilan model jam yang terdapat di dalamnya.

Tampilan Jam pertama

jual smartwatch di manado

Berikut adalah tampilan jam nya yang kedua

jual smartwatch murah di pekanbaru

Dan inilah penampilan jam defaultnya yang terakhir

jual smartwatch murah di bangka

Layar sentuhnya juga cukup responsif bahkan dengan sentuhan ringan sekalipun kita bisa menjalankan fungsi yang kita mau.

Pergeserannya pun cukup baik, dan pada dasarnya saya cukup puas dengan tampilan layarnya ini, cukup keren untuk smartwatch yang hanya berharga sedikit diangka seratus ribu rupiah ini.

Konektivitas

Pada saat saya menguji mengenai konektivitas, saya menemui beberapa kesulitan.

Memang smartwatch DZ-09 ini sangat mudah di pairing dengan ponsel saya via bluetooth, namun fungsi lainnya ternyata tidak berjalan.

Contohnya sewaktu saya ingin browsing internet melalui browser yang ada di smartwatch ini ternyata Cognos DZ-09 ini tidak menyediakan koneksi untuk menjalankan internet baik berupa wifi, pun sewaktu saya coba tethering koneksi internet ponsel saya via bluetooth tetap tidak bisa.

Oh saya menduga mungkin karena harus melalui sambungan data dari SIM Cardnya kali baru bisa terhubung dengan internet.

Akhirnya saya coba membeli 1 buah kartu perdana indosat dengan paket data sebesar 2GB untuk test koneksi internet Smartwatch Cognos DZ-09.

Namun sewaktu sim card sudah terpasang saya baru sadar bahwa di smartwatch cognos DZ-09 ini tidak ada menu untuk MENGHIDUPKAN DATA ! Astaga !

Saya kemudian baca dan searching, ada yang mengatakan harus set koneksinya dulu.

Semua petunjuk yang ada sudah saya ikuti , mulai dari mengisi APN, user nama, password, dsb namun semuanya nihil, sewaktu saya browsing tetap keluar ‘failed to open page’.

Fix sepertinya untuk Cognos DZ-09 ini ternyata tidak bisa koneksi internet, atau ada yang salah dari seting saya ? Saya tidak tahu, jika ada rekan pembaca yang mengetahui mungkin bisa di share di kolom komentar di bawah untuk membantu rekan yang mempunyai permasalahan yang sama.

Menu-Menu Yang Ada

Untuk menu-menu yang ada dari smartwatch Cognos DZ-09 ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Menu 1

jual smartwatch murah di ujung pandang

Menu 2

jual smartwatch murah di Pontianak

Menu 3

jual smartwatch murah di jambi

Menu 4

jual smartwatch murah di palangkaraya

Menu 5

jual smartwatch murah di bandung

Menu 6

jual smartwatch murah di bekasi

Menu 7

jual smartwatch murah di Malang

Sedangkan untuk menu settingnya sendiri terdiri dari menu-menu dibawah ini

jual smartwatch murah di bali

jual smartwatch murah di papua

Itulah sekilas menu-menu yang ada di smartwatch cognos dz-09 ini

Review Kamera

Mengenai kamera saya tidak sempat mengujinya secara detail.

Namun kita tidak dapat berharap banyak dari Smartwatch berharga seratus ribuan ini.

Mungkin untuk anak-anak yang belum diberikan HP, smartwatch ini akan cukup membuat mereka bergembira karena sudah bisa mengambil photo dan video sendiri.

Namun kualitasnya kalau untuk kita bandingkan dengan ponsel saat ini akan terlihat sangat jauh bedanya.

Kualitas hasil kameranya sendiri terlihat seperti HP zaman dulu buatan China yang mengklaim sudah 2MP namun hasilnya benar-benar tidak bisa banyak diharapkan.

Review Speaker

Untuk speakernya sendiri memiliki sebuah speaker yang suaranya menurut saya seperti sebuah speaker mainan.

Suaranya agak cempreng dan kasar, walaupun lumayan keras untuk ukuran speaker sekecil itu.

Namun jika kita ingin mendengarkan musik melalui speaker smartwatch ini rasanya bagi yang menginginkan suara yang jernih dan berkelas, tentunya akan kecewa dengan apa yang akan anda dengar.

Suaranya benar-benar seperti sebuah speaker telepon atau walkie talkie mainan.

Review Touch Screen dan Keyboard

Untuk touch screen nya sendiri saya cukup dibuat puas dengan kepekaan touch screennya menanggapi respon sentuhan kita.

Namun untuk keyboardnya saya seringkali dibuat jengkel karena keyboardnya untuk jari-jari saya yang tergolong agak besar terasa sangat sulit untuk mendapatkan huruf yang pas.

Keyboardnya sendiri bentuknya seperti keyboard ponsel jaman awal , dimana satu tombol berisi 3-4 huruf.

Jadi untuk mendapatkan huruf yang kita inginkan, kita harus menekannya berkali-kali, dan ini seringkali terlewat sehingga kita harus menekannya berulang-ulang hanya untuk mengetik satu huruf saja.

Kode Rahasia

Seperti handphone android pada umumnya, jam tangan pintar Cognos DZ-09 ini juga memiliki beberapa kode rahasia.

Namun karena jenis smartwatch yang beredar di Indonesia ini bermacam-macam, maka bisa terjadi satu kode jalan di jam tangan lain namun tidak jalan di jam tangan kita.

Atau sebaliknya di jam tangan lain tidak jalan , di jam tangan kita ternyata bisa jalan.

Namun tidak ada salahnya kalau saya coba berikan list daftar kode rahasia yang ada di smartwatch Cognos DZ-09 ini.

Cara memasukkannya adalah seperti kita ingin melakukan panggilan telepon , tinggal masukkan saja kodenya dan apabila keluar maka berarti kode tersebut jalan di jam tangan pintar Cognos DZ-09 kita.

Namun apabila tidak keluar apa-apa artinya kode tersebut tidak bisa digunakan di jam tangan pintar kita.

Berikut kode rahasia smartwatch Cognos DZ-09 :

*#63342835# kode rahasia ini untuk menunjukkan logo MediaTek – kode ini JALAN di smart watch Cognos DZ-09 saya

*#0123# kode rahasia ini membuka mode test untuk kalibrasi jam tangan kita – kode ini TIDAK JALAN di Cognoz DZ-09 saya

*#00000000# kode ini membuka ZM Entertainment (App store) untuk download game, media social dll – kode ini TIDAK JALAN

*#06# kode ini untuk menunjukkan nomor IMEI perangkat kita -kode ini JALAN

*#8375# kode ini untuk menunjukkan Versi software dan detail perangkat – kode ini JALAN

*#1234# kode ini untuk mengalihkan A2DP dari mode Normal ke PTS atau sebaliknya – kode ini JALAN

A2DP adalah ADVANCED AUDIO DISTRIBUTION PROFILE yaitu metode streaming audio high quality melalui koneksi bluetooth. Mode Normal adalah mode standard sedangkan PTS adalah Profile Tuning Suite, mungkin maksudnya menyesuaikan dengan setelan kita.

*#3646633# atau *#993646633# untuk membuka service mode termasuk setelan network, device, audio, gprs, dll

untuk smartwatch Cognos DZ-09 yang saya miliki yang jalan adalah yang pertama *#3646633#

Hasil Penilaian

Setelah beberapa saat menggunakan smartwatch ini, maka saya dapat memberikan beberapa penilaian sebagai berikut ;

Jam tangan pintar Cognos DZ-09 ini bukan merupakan jam tangan pintar yang dapat memberikan fungsi-fungsi layaknya sebuah handphone.

Banyak yang mengharapkan dengan membeli jam tangan pintar Cognos DZ-09 akan mendapatkan sebuah gadget berupa sebuah handphone android mini.

Apalagi didukung dengan adanya Slot SIM Card dan Memory Card memberikan kesan bahwa jam tangan pintar ini akan berfungsi layaknya sebuah handphone android mini.

Apalagi dengan banyak beredarnya video-video maupun review-review palsu bahwa jam tangan ini bisa mendukung koneksi dengan wifi.

Namun anda yang mengharapkan itu saya pastikan akan kecewa dengan apa yang akan anda dapatkan dari Smartwatch DZ-09 ini.

Contohnya jangankan sambungan wifi, untuk koneksi data saja saya sampai sekarang masih bingung dimana cara mengaktifkannya.

Kemudian anda yang tertarik dengan logo whatsapp, facebook, twitter, browser di jam tangan ini, saran saya buang jauh-jauh image anda bahwa jam tangan canggih ini bisa melakukan semuanya itu.

Karena ternyata sewaktu saya menekan icon-icon tersebut ternyata yang terbuka adalah…BROWSER , what the….?????!!!!

Itupun diakhiri dengan tulisan FAILED TO OPEN PAGE, mantap !!@#$&^$&^*

Kembali gadget-gadget KW ini berhasil menipu ribuan pembelinya, ck..ck..ck…mana ya peran Lembaga Perlindungan Konsumen, kok gadget-gadget kacau balau seperti ini bisa terus menerus masuk Indonesia ini dengan tipuan-tipuan murahannya yang membuat kecewa banyak orang.

Namun saya agak terhibur karena dari awal saya memang sudah tidak berharap banyak dari gadget yang satu ini mengingat harganya yang hampir mirip-mirip dengan jam tangan murah yang sering kita temui di pasar-pasar kaget.

Ok setelah kita bahas mengenai sisi negatifnya, sekarang saya coba bahas apa kelebihan jam tangan ‘yang katanya’ pintar ini.

Yang pertama adalah jika kita masukkan sim card, jam tangan ini sangat lancar digunakan untuk menelpon dan menerima panggilan langsung tanpa harus terhubung dengan ponsel kita.

Kemudian jika kita bandingkan harganya dengan jam tangan murah di pinggir-pinggir jalan tentu kita akan  memilih jam ini karena memiliki berbagai kelebihan fungsi yang tidak bisa dilakukan jam tangan biasa.

Sebagai jam tangan , smartwatch ini berfungsi dengan sangat baik, dengan tampilan yang cukup keren dan berkelas.

Namun sayangnya belum dilengkapi dengan teknologi yang dapat memadamkan layar apabila jam ini jauh dari wajah kita, dan menyalakan layar apabila kita angkat menghadap wajah kita.

Sehingga untuk melihat jam dan mematikan layarnya kita harus menekan tombol secara manual, ini agak sedikit menyulitkan apabila kita sedang berkendara.

Untuk baterainya saya bisa acungkan jempol ! Karena sewaktu saya charge kemudian saya diamkan dalam kotak selama 4-5 hari, jam ini ternyata masih menyala dengan baterai yang masih cukup lumayan.

Untuk mengisi dayanya hanya dibutuhkan sekitar 1 jam hingga 2 jam baterainya sudah terisi penuh , dan sewaktu di charge akan keluar notifikasi charge layaknya sebuah handphone.

jual smartwatch murah di banjarmasin

Namun saya belum tahu jika jam ini benar-benar dipakai yang mana tentu layar akan lebih sering kita nyalakan, karena hingga saat ini saya tidak pernah benar-benar memakainya untuk kegiatan.

Jam ini belum tahan air sehingga untuk anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan hal ini bisa menjadi pertimbangan anda.

Demikianlah kiranya review saya mengenai jam tangan pintar Cognos DZ09 ini , semoga bisa menjadi acuan dan referensi anda dalam memilih smartwatch yang diinginkan.

Bagi anda yang menginginkan jam tangan pintar Cognos DZ-09 ini mungkin sebagai hadiah bagi anak, keponakan, ataupun anak teman anda, silahkan kunjungi https://toko57.com

Untuk tahu review lainnya yuk dibaca juga :

Review Mic Bluetooth WSTER WS-878 Mic Bluetooth keren original dan murah yang cocok untuk hadiah anak dan keponakan anda

Ini bukti nyata hasil belajar bisnis online di SB1M setelah bergabung selama 1 tahun, apakah balik modal ??

Ternyata trik berjualan dengan facebook tidak bisa sembarangan, ini trik-triknya

 

 

 

 

Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Calon Pembeli di Bukalapak Agar Speaker Aktif Anda Banjir Orderan?
Review Mic Bluetooth WSTER WS-878 | WS 878 | Mic Smule | Mic KTV | Indonesia
Yuk bagikan artikel ini