/Menjawab Pertanyaan Seputar Mic Bluetooth WSTER WS-858 | Q & A WSTER WS-858
pertanyaan mic wster ws-858

Menjawab Pertanyaan Seputar Mic Bluetooth WSTER WS-858 | Q & A WSTER WS-858

Menjawab pertanyaan seputar Mic Bluetooth WSTER WS-858.

Ya selamat bertemu kembali rekan-rekan yang setia mengunjungi blog https://dennychristian.com ini, sehubungan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mengenai mic bluetooth WSTER WS-858 ini , maka kali ini saya ingin memberikan sebuah Q & A , yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan.

Tentunya saya menjawab hanya sebatas pengetahuan saya saja, karena beberapa hal harus dimengerti, saya hanya pengguna dan bukan orang yang ahli di bidang elektronika, apalagi saya juga bukan orang yang ahli memperbaiki kerusakan-kerusakan perangkat elektronik.

Saya hanya berusaha menjawab semua pertanyaan berdasarkan pengalaman saya menggunakan mic WSTER WS-858 ini, juga mic-mic bluetooth yang lainnya yang saya miliki seperti Q9 dan Tuxun K-068.

cara membedakan mic bluetooth wster ws-858 asli dan palsu

Baiklah tanpa berlama-lama inilah pertanyaan seputar mic bluetooth WSTER WS-858 yang sering ditanyakan :

Cara membedakan mic WSTER WS-858 palsu dan asli bagaimana ?

Pada dasarnya ada beberapa ciri khusus yang membantu kita dengan mudah membedakan mic bluetooth WSTER WS-858 palsu dengan yang asli, secara singkat perbedaannya antara lain :

  1. Packagingnya berbeda, untuk yang asli keterangan warna menggunakan gambar dan hanya ada tiga warna black, red dan gold. Sedangkan yang palsu seringkali menggunakan tulisan, dan warnanya ada blue, pink, dsb.
  2.  Kardusnya juga berbeda, yang asli kardusnya bagus dan agak keras, yang palsu kardusnya lembek (seperti bungkus makanan ringan)
  3. Yang asli ada plastik pembungkus micnya, yang palsu seringkali tidak ada.
  4. Yang asli ada tulisan WSTER di gagang micnya, sedang yang palsu tidak ada (ada juga yang ditulis merk lain, misalnya FLECO)

Itu secara singkatnya cara membedakan mic WSTER WS-858 palsu dan asli.

Untuk jawaban lebih lengkapnya silahkan baca artikel yang sudah saya buat untuk dapat lebih detail membedakan antara mic WSTER WS-858 palsu dengan yang asli di : artikel ini.

Atau bisa juga ditonton di channel youtube saya melalui video dibawah ini :

 

Apakah Mic Bluetooth WSTER WS-858 bisa disambungkan ke speaker ?

Menjawab pertanyaan ini ada hal yang terlebih dahulu harus saya jelaskan.

Mic ini sifatnya menerima sinyal, bukan mengirimkan sinyal.

Jadi singkatnya suara yang keluar melalui koneksi bluetooth di speaker mic ini tidak ubahnya adalah sebuah speaker bluetooth yang kita sambungkan ke handphone kita.

Jadi secara logika bagaimana mungkin sebuah speaker bluetooth mengirimkan suara untuk dapat diterima oleh speaker bluetooth lainnya ?

Jadi jika kita menginginkan suara vocal kita ataupun music dari mic ini keluar di speaker bluetooth kita dengan koneksi melalui koneksi nirkabel (bluetooth/wifi) jawabannya adalah TIDAK BISA.

TAPI….jika kita ingin menyambungnya dengan menggunakan kabel sehingga berfungsi layaknya sebuah mic kabel biasa, jawabannya adalah SANGAT BISA !

mic wster ws-858 ke speaker bluetooth

 

Bagaimana cara menyambungkan Mic Bluetooth WSTER WS-858 ke Speaker ?

Menyambung pertanyaan sebelumnya , kita tentunya sudah mengerti bahwa untuk dapat menyambungkan mic ini ke speaker/amplifier harus menggunakan koneksi kabel.

JENIS KABEL APA ?  Jawabannya adalah kabel audio biasa, dan BUKAN kabel micro usb  ke jack audio yang tersedia di paketnya.

Caranya adalah, masukkan jack audio ke lubang “OUT” pada mic WSTER WS-858 sementara ujung jack audio satunya lagi masukkan ke input di speaker anda.

Dengan cara ini maka semua suara yang keluar dari mic bluetooth WSTER WS-858 akan diteruskan ke speaker anda.

slot pada mic bluetooth wster ws 858

NOTE : Saya pernah berpikir apabila jack audionya disambungkan ke handphone kemudian menjadikan handphone kita sebagai transmitter wireless/bluetooth ke speaker bluetooth kita apakah bisa ?

Percayalah saya sudah mencobanya, dan hasilnya TIDAK BISA !

Bahkan saya sempat ubek-ubek playstore untuk mencari aplikasi audio transmitter  yang bisa mendukung maksud saya tersebut, dan hasilnya untuk saat ini saya masih kecewa karena tidak satupun yang saya coba berhasil.

Hal itu hanya bisa dilakukan jika kita membeli lagi perangkat audio transmitter yang ada di pasaran.

Bagus mana Mic WSTER WS-858 , atau Q9 atau Q7, atau mic XXX ?

Untuk menjawab pertanyaan ini semua saya serahkan kembali kepada penilaian masing-masing.

Karena selera setiap orang berbeda-beda dan tentunya juga dalam hal memilih mic bluetooth ini, karena dasar pertimbangannya tentu berbeda-beda.

Apakah anda menyukai bentuknya, ataukah kualitas bahannya, ataukah warnanya, atau malah beratnya, dsb.

Namun bagi saya pribadi saya sempat kecewa karena beberapa kali membeli mic Bluetooth ini tanpa pengetahuan dan pertimbangan yang memadai akibatnya saya mendapat beberapa mic KW,yang tentu saja membuat saya sangat kecewa.

Namun untuk mencari mic original di tengah lautan dan tumpukan PARA PENJUAL SAMPAH ! (Maaf kalau saya agak kasar, karena terlaaaaluuuuu banyak penjual yang bermain memanfaatkan ketidak tahuan konsumen) tentu bukanlah hal yang mudah.

Saya mendapati bahwa untuk mic original maka WSTER WS-858 adalah yang memiliki harga terbaik, saya sempat melihat untuk micGeek Q9 original saja di website aslinya pada saat saya mencari mic original adalah sebesar USD.45 belum lagi ongkos kirimnya.

Setelah saya benar-benar mendapatkan mic original WSTER WS-858 ini, saya benar-benar merasakan bedanya antara mic yang original dengan yang KW.

Saya suka bentuknya dan warnanya yang ‘kinclong’ , suaranya yang jernih dan fungsi-fungsi tombol yang menurut saya sesuai keperluan kita dalam menggunakan mic bluetooth.

Berapa harga Mic WSTER WS-858 yang original ?

Sepanjang pengetahuan saya hingga saat ini untuk mic yang original masih berkisar diatas harga Rp.300 ribuan.

Membandingkan dengan harga yang MicGeek Q9 di website resminya saat artikel ini ditulis ada di harga USD.39.99 , untuk melihatnya bisa ke website resmi Mic Geek di bawah ini  (dibawahnya ada link ke toko resminya)

http://www.micgeek.com/micgeek-q9-bluetooth-microphone.html

atau langsung saja ke link toko resmi micgeek di sini : http://www.micgeek.tw/

Jika melihat seperti itu apakah anda percaya bahwa ada penjual mengatakan menjual mic original MicGeek Q9 hanya seharga 180 ribuan atau 200 ribuan ?

Jawabannya saya kembalikan kepada rekan-rekan masing-masing.

Jika ditanyakan beli dimana untuk mendapatkan Mic WSTER WS-858 yang original maka sekali lagi saya hanya merekomendasikan https://toko57.com 

Bagaimana cara mengisi daya mic bluetooth WSTER WS-858 ?

Banyak yang bingung bagaimana cara charge mic Bluetooth WSTER WS-858 karena pada paketnya hanya disertakan kabel chargernya saja sedangkan kepala chargernya tidak ada.

Untuk dapat mengisi daya (charge) Mic Bluetooth WSTER WS-858 anda bisa menggunakan charger handphone anda.

Namun yang perlu diperhatikan adalah sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada kardus micnya sendiri, sebaiknya dicharge dengan kepala charger yang memiliki daya tidak lebih dari 5V.

cara charge mic wster ws-858

Saya juga tidak terlalu mengerti mengenai hal-hal seperti ini tapi ada yang mengalami mic bluetoothnya mati dan tidak mau dihidupkan kembali karena gara-gara salah mengisi menggunakan power bank.

Bagaimana cara mengetahui berapa volt charger kita ?

Untuk mengetahui tegangan pastinya biasanya menggunakan alat khusus untuk itu, namun bisa juga kita lihat di keterangan kepala chargernya.

Untuk kepala charger yang tertulis 5V biasanya masih ada toleransi daya voltasenya bisa lebih tinggi hingga 5,2-5.4V atau lebih rendah hingga 4.8V, namun ada juga charger yang memang tertulis daya voltasenya 5.7V , sebaiknya kita tidak menggunakan charger seperti ini untuk mengisi daya mic bluetooth WSTER WS-858.

pertanyaan mic bluetooth

 

Apa tanda Mic WSTER WS-858 harus di charge atau charge dayanya sudah penuh ?

Ciri-cirinya sebenarnya sama seperti HP, yaitu pada saat daya melemah maka Mic WSTER WS-858 akan memberikan peringatan dengan mengeluarkan warning “low battery, please charge”

Untuk tanda bahwa pengisian daya sudah penuh memang agak membingungkan, jika di HP saat pengisian daya penuh biasanya ditandai dengan gambar battery yang sudah full/penuh, maka pada mic WSTER WS-858 ini sepertinya tidak ada tanda apa-apa.

Lampu tanda charge akan tetap menyala (tidak mati) , tidak ada peringatan bunyi yang menandakan bahwa sudah penuh, jadi benar-benar tidak ada tanda apa-apa.

Kita hanya bisa memperkirakan berapa lama battery harus di charge, biasanya pengalaman saya perlu waktu 3-5 jam untuk mic siap digunakan kembali.

Mic WSTER WS-858 ini aslinya buatan negara mana ?

Aslinya adalah buatan China, namun sama seperti Iphone yang dilisensikan ke China, tak berapa lama kemudian keluar Iphone-Iphone abal-abal yang istilahnya super copy. atau KW super yang bentuknya menyerupai namun kualitasnya beda bagaikan bumi dan langit.

Begitu juga dengan Mic WSTER WS-858 ini kemudian banyak sekali mic KW nya yang meluncur di pasaran.

Apa Mic Bluetooth WSTER WS-858 ini bisa disambungkan dengan head unit mobil ?

Jawabannya sama seperti pada pertanyaan cara menyambungkan mic WSTER WS-858 ini ke speaker bluetooth , hanya bisa dilakukan menggunakan kabel audio dan tidak bisa secara langsung via wireless/bluetooth karena mic ini sifatnya menerima sinyal bukan mengirim sinyal.

Kok suara speaker Mic Bluetooth saya pecah/sember ?

Tandanya anda mendapat mic bluetooth kualitas KW.

Karena untuk yang original baik itu WSTER WS-858, Q9 ataupun mic lainnya suaranya bening dan jernih tidak ada pecahnya/sembernya walaupun volume diangkat lumayan tinggi.

Juga ada kasus dimana mic KW ini mengalami kebocoran sirkuit sehingga ada suara seperti suara radio bocor pada saat mode karaoke, untuk yang original hal-hal seperti ini jarang terjadi.

Mic saya sebelumnya bisa berfungsi normal, tapi kemudian tidak keluar suara dari HP sama sekali walaupun Mic mau dihidupkan, masalahnya dimana ya ?

Ada beberapa penyebab kejadian seperti ini, dan kembali masalah ini biasanya dialami oleh mic yang KW.

Penyebab pertama adalah HP melakukan update yang menyebabkan crash pada driver mic / perangkat bluetooth sehingga sambungan antara mic bluetooth dengan HP menjadi error.

Jika terjadi seperti ini salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menghapus mic Bluetooth ini dari daftar koneksi bluetooth di HP kita (remove/forget) , kemudian restart HP anda dan coba sambungkan kembali.

Kemungkinan kedua , HP anda ada setingan yang mengharuskan memilih perangkat eksternal , terutama perangkat audio agar suara dari HP bisa diteruskan ke perangkat tersebut.

Contoh salah satu seting yang ada di handphone Samsung :

suara speaker bluetooth tidak mau keluar

Kemungkinan dengan adanya update dari HP anda maka pilihan ini kemudian berubah dengan sendirinya, sehingga harus diseting ulang.

Kemungkinan ketiga HP anda meminta update system operasi (terutama android), sehingga jika belum dilakukan update, fungsi-fungsi HP belum berjalan normal.

Kemungkinan terakhir memang ada kerusakan pada perangkat mic nya sehingga tidak bisa menerima suara yang diteruskan dari HP tersebut.

Mic sempat berfungsi dengan baik, tetapi kemudian setelah battery habis tidak mau dicharge atau dicharge hanya hidup sebentar kemudian lampu indikator mati.

Untuk kejadian ini ada beberapa analisa yang bisa dipaparkan antara lain :

Kemungkinan salah menggunakan kepala charger sehingga terjadi error pada sirkuit / chip mic bluetoothnya.

Kemungkinan lainnya adalah socket charger mic yang sama seperti socket charger HP bermasalah sehinggga tidak bisa menyalurkan daya yang diterima dari charger.

Atau bisa juga battery nya yang bermasalah sehingga harus diganti , atau ada sambungannya yang putus sehingga battery tidak bisa menerima daya dari charger.

Yang terakhir, mungkin juga chip IC nya yang korslet/bermasalah.

Jika battery bermasalah dimana mencari spare partsnya ?

Untuk battery mic bluetooth WSTER WS-858 bisa dicari di toko online, karena ternyata battery nya sama dengan yang banyak digunakan untuk VAPE, yaitu battery bertipe XHK-18650 dengan daya 1800mAH -17114.

Begitu juga jika socket charger bermasalah, bisa dibawa ke tempat reparasi handphone karena socket chargernya itu sama persis dengan socket charger HP android.

cara ganti batere mic bluetooth

Bagaimana cara membongkar Mic Bluetooth WSTER WS-858 ?

Saran saya sebaiknya rekan-rekan jangan membongkar sendiri jika tidak mengerti mengenai perangkat elektronik, namun jika sudah siap dengan segala resikonya bisa mengikuti petunjuk yang sudah saya buatkan tutorialnya di video dibawah ini

 

Bagaimana cara merekam, cara menjadikan radio FM, cara berkaraoke , dll dengan menggunakan mic Bluetooth WSTER WS-858 ini ?

Salah satu kelebihan mic bluetooth WSTER WS-858 ini dibandingkan mic bluetooth yang lain adalah kemampuannya merekam langsung di micnya, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya.

Juga fitur-fitur lainnya seperti radio FM, music player , dsb masih banyak yang bingung bagaimana cara mengaksesnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini bisa silahkan ditonton video tutorial yang sudah saya buatkan di bawah ini :

 

Apakah Mic Bluetooth WSTER WS-858 bisa digunakan tanpa menggunakan memory card ?

Jawabannya adalah BISA !

Memory card hanya digunakan apabila kita ingin merekam langsung di mic WSTER WS-858 ini, atau ingin memutar music kita yang sebelumnya sudah kita masukkan dalam memory card kita tersebut.

Apabila kita tidak merekam atau tidak memainkan music langsung dari memory card maka tanpa menggunakan memory card pun mic ini tetap berfungsi.

Baiklah, semoga jawaban-jawaban tadi dapat menjawab sebagian besar pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai mic bluetooth WSTER WS-858 ini.

Jika berkenan mohon bagikan artikel ini ke media-media sosial supaya banyak juga yang terbantu dengan artikel ini.

 

 

 

 

 

 

 

Update Harga Member SB1M Juni 2018 | Berapa Biaya Member SB1M Sebenarnya ??
Dasar Pertimbangan Memilih Drum Elektrik | Seri Drum Elektrik Yamaha DTX 522K
Yuk bagikan artikel ini