/Dasar Pertimbangan Memilih Drum Elektrik | Seri Drum Elektrik Yamaha DTX 522K
jual drum elektrik yamaha dtx 522 k

Dasar Pertimbangan Memilih Drum Elektrik | Seri Drum Elektrik Yamaha DTX 522K

Dasar pertimbangan memilih drum elektrik. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman pada waktu saya memilih sebuah drum elektrik, apa saja yang saya jadikan dasar pertimbangan memilih drum elektrik dan kenapa akhirnya saya memilih Drum Elektrik Yamaha DTX-522K.

harga drum elektrik

Beberapa waktu yang lalu saya ingin membeli sebuah drum elektrik untuk dipergunakan oleh keluarga, terutama anak saya.

Dari beberapa pilihan saya melihat bahwa untuk memiliki sebuah drum elektrik diperlukan budget yang cukup besar.

Untuk dapat memiliki drum elektrik yang cukup bagus harganya cukup mahal, sementara untuk yang harganya murah paketnya kurang begitu bagus.

Dasar Pertimbangan Memilih Drum Elektrik

Ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk dipertimbangkan dalam memilih sebuah drum elektrik.

1. Type pad nya.

Ada beberapa tipe pad dalam sebuah drum elektrik yang saya ketahui.

Yang pertama adalah tipe rubber pad, yaitu type pad yang berjenis karet dan biasanya memiliki warna abu-abu hitam.

 

bagaimana memilih drum elektrik

 

Tipe ini adalah tipe yang paling standar dalam sebuah drum elektrik.

Walaupun tipe ini cukup kuat namun memiliki daya pantul yang cukup rendah, sehingga banyak yang mengatakan kalau type pad ini kurang feelnya jika dibandingkan dengan drum akustik biasa.

Yang kedua adalah silikon rubber.

Tipe ini adalah tipe pad yang biasanya berwarna putih susu.

Tipe ini memiliki daya pantul yang jauh lebih baik daripada tipe rubber pad.

review drum dtx 522k

Dalam artikel mengenai dasar pertimbangan memilih drum elektrik ini saya ingin menekankan mengapa pemilihan pad ini sangat penting.

Terutama bagi para pemula, drum elektrik biasanya dipergunakan untuk latihan pukulan.

Pada saat melatih pukulan drum biasanya kita diajarkan untuk merasakan pantulan dari stik drum kita.

Untuk melakukan pukulan drum yang benar biasanya kita memaksimalkan gaya pantul dari stick drum kita di atas pad drum, salah satu contohnya adalah saat kita melatih pukulan rudiment.

Apabila pantulan dari drum elektrik pad kita tidak maksimal maka tentu kita akan semakin sulit untuk berlatih dan menurut saya bagian yang terpenting untuk melatih pukulan ini adalah bagian snare drum.

Inilah yang menjadi pertimbangan saya mengenai drum elektrik pad ini.

Tentu saja saya menginginkan untuk semua bagian drum elektrik saya menggunakan silicon rubber namun karena keterbatasan dana atau budget yang akan dialokasikan maka akhirnya saya memutuskan untuk membeli atau memilih paket drum elektrik dengan silicon rubber di bagian snare drum nya.

2. Bagian bass drum

Dalam artikel mengenai apa yang seharusnya menjadi dasar pertimbangan memilih drum elektrik ini  saya akan menjelaskan apa dasar pertimbangan saya berikutnya, yaitu bass drum.

Pertama saya jelaskan kenapa saya memilih merk Yamaha, karena menurut saya merk drum elektrik Yamaha lebih memiliki value for money dibanding merek-merek seperti Rolland, Alesis, atau merk lainnya.

Setelah saya menentukan merk Yamaha, saya baru tahu bahwa dalam jajaran drum elektrik Yamaha untuk varian seri 400 ternyata tidak memiliki bass drum beneran.

Dalam seri 400, ternyata bass drum nya hanya berupa foot switch dan bukan merupakan pedal drum umumnya.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan kita untuk berlatih drum terutama bagian bass drum seperti pada drum akustik biasa.

Sementara pada Yamaha seri 500 ke atas, yamaha sudah memberikan bass drum berbentuk Tower sehingga feelnya bisa lebih menyerupai drum akustik biasa.

 

drum elektrik terbaik

 

Memang untuk seri Yamaha DTX 522 K yang saya beli ini belum menyertakan pedal bassnya.

Namun tidak menjadi masalah karena saya bisa membelinya secara terpisah dengan harga yang cukup murah.

3. Tipe modulnya

Pada Yamaha seri 400 modul yang diberikan adalah modul standar, sedangkan untuk tipe seri 500 sudah diberikan modul tipe 502 yang menyertakan layar LCD untuk displaynya sehingga lebih mudah untuk dioperasikan.

Selain itu modul seri 502 memiliki lebih banyak input dibandingkan dengan modul seri 400.

 

drum elektrik terbaik murah

 

Pertimbangan lain adalah seri 502 memiliki lebih banyak suara drum dibanding seri sebelumnya.

Saya mendapati ada beberapa tipe suara drum yang bisa berguna dalam berbagai keperluan, diantaranya rock drum, jazz drum, dubstep, oak custom, funk drum, dll.

Juga modulnya ini sudah mendukung fungsi USB sehingga bisa dengan mudah disambungkan ke komputer PC atau Laptop, baik untuk keperluan rekaman ataupun hanya berlatih.

 

jual drum elektrik yamaha dtx 522 k

4. Zone padnya

Pada seri 400 yamaha hanya memberikan tipe single Zone pada drumpadnya.

Ini menyebabkan hanya satu tipe suara yang bisa dikeluarkan oleh 1 pad.

Tentu saja ini akan menyulitkan jika misalnya kita ingin bermain rimshot, atau kita ingin bermain ride atau bel, karena dimanapun kita memukul suaranya akan sama saja.

Berbeda dengan pad yang sudah dual atau triple zone karena jika kita memukul di tempat berbeda akan bisa menghasilkan suara yang berbeda pula.

Sebagai contoh untuk snare drum, jika dipukul di tengah akan keluar suara snare drum biasa, jika di pukul di pinggiran atas akan mengeluarkan suara rimshot, sedangkan jika di pukul di pinggiran bawah akan mengeluarkan suara head snare.

Juga seri 400 Yamaha memberikan simbal yang bentuknya hanya separuh sehingga tidak bisa digunakan untuk triple zone, sedangkan untuk tipe Yamaha DTX seri 5 rata-rata sudah diberikan simbal yang utuh.

 

d

 

Itulah kiranya sekilas yang menjadi dasar pertimbangan memilih drum elektrik, semoga berguna untuk rekan-rekan yang juga sedang mencari drum elektrik.

Sebagaimana biasanya sebagai tempat rekomendasi untuk rekan yang ingin membeli drum elektrik dengan harga sangat bersaing, bisa saya rekomendasikan ke TOKO57.COM .

Toko57.com sudah terkenal menjual barang original serta terpercaya,  bahkan harga drum elektrik Yamaha seri DTX sangat bersaing dibandingkan seller lainnya.

Jika boleh sedikit memberikan testimoni, saya awalnya membeli drum elektrik Yamaha DTX-522K ini merupakan hasil dari kegiatan bisnis online yang saya ikuti dengan menjadi member SB1M.

Jadi buat pengunjung setia blog ini yang mengikuti perjuangan saya dari awal menjadi member SB1M, tentu ini merupakan sebuah pembuktian bahwa memang SB1M adalah pilihan tepat untuk saya.

Buat yang masih ragu bergabung dengan SB1M, yuk silahkan daftar free membernya dengan klik link DAFTAR FREE MEMBER DI BAWAH INI

 

Baca Juga :

Inilah keunggulan SB1M dibanding tempat kursus internet lainnya

Ternyata cara membedakan mic bluetooth asli atau palsu seperti ini

Menjawab Pertanyaan Seputar Mic Bluetooth WSTER WS-858 | Q & A WSTER WS-858
Keunggulan SB1M dan Mengapa Saya Memilih SB1M Untuk Belajar Internet Marketing
Yuk bagikan artikel ini