/Bagaimana Menghasilkan Uang Melalui Youtube | Mudah Menjadi Youtuber
cara menghasilkan uang dengan youtube

Bagaimana Menghasilkan Uang Melalui Youtube | Mudah Menjadi Youtuber

Yes , blog ini kini sudah mencapai umurnya yang ke sembilan bulan *applause* , (siap-siap lahiran) dan pada tutorial kali ini saya ingin membahas bagaimana menghasilkan uang melalui Youtube.

Beberapa tahun belakangan ini Youtube seakan menjadi satu fenomena tersendiri bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Rekor-rekor berapa penghasilan dari Youtube, terus menerus dipatahkan.

Hal ini membuat banyak orang kemudian berlomba-lomba ingin juga mencicipi gurihnya penghasilan sebagai seorang Youtuber.

mudah menghasilkan uang dengan youtube

Tidak hanya masyarakat awam yang kemudian menjadi ‘demam’ Youtube, bahkan kalangan artis-artis pun banyak yang kemudian terjun ke kancah ‘free online broadcasting video’ ini.

Apa sih keuntungan menjadi Youtuber ?

Mungkin bagi masyarakat awam akan mengernyitkan kening ketika sekarang bertanya kepada anak-anak muda apa cita-cita kalian?

Kemudian jawaban yang keluar tidak disangka-sangka : INGIN MENJADI YOUTUBER SUKSES !! , jawaban yang mungkin tidak ada dalam benak bapak-bapak generasi ‘old’ dahulu.

Jawaban seperti ingin menjadi dokter, ingin menjadi pilot, insinyur, dsb sepertinya sekarang sudah menjadi jawaban yang terlalu mainstream, bagi generasi jaman ‘now’ dimana kilau dan gemerlapnya perkiraan penghasilan ‘ratusan juta’ , menjadi terkenal seperti halnya Ria Ricis, Gen Halilintar, Raditya Dika, Bayu Skak,Edo Zell, Pao-Pao dan berbagai nama-nama ‘asing’ lainnya yang bahkan ‘tidak pernah masuk tv’ telah menarik minat mereka lebih besar.

Orang-orang tua mereka tentu akan bingung, ketika bertanya “mau jadi apa kamu kalau bercita-cita sebagai Youtuber?” , atau ” Bagaimana menghasilkan uang melalui youtube ?”

Lalu mendapat jawaban ” Mau terkenal seperti Ranz & Niana” , atau bahkan Pewdewpie sekalipun maka mereka akan bingung “Siapa Mereka?”

Ya betul sekali, mungkin ada orang-orang tua generasi ‘old’ (seperti saya 🙂 ) yang sedang membaca artikel saya ini maka untuk ‘upgrade’ pengetahuan kita yuk kita teliti apa saja sih keuntungan menjadi seorang Youtuber.

1. Mendapatkan Uang Dari Youtube

Ya, tentu saja buat sebagian besar orang niat menjadi seorang Youtuber tentu saja karena didasari ingin mendapatkan penghasilan melalui Youtube.

Bisa saja Om Deddy Corbuzier mengatakan dalam videonya jangan menjadi seorang Youtuber karena ingin mendapatkan uangnya, tapi justru menurut saya sebagian orang termotivasi menjadi Youtuber karena ya faktor money, cien, fulus, atau apalah istilahnya tersebut (*maaf ya Om Deddy saya jangan di bully).

Apakah bisa ? Bagaimana menghasilkan uang melalui youtube , begitu mungkin pikiran orang-orang tua ‘generasi old’ , yup bapak-bapak, ibu-ibu bisa bangetzzz tapiiiiii…….ada tapinya , tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan.

Kalau dulu mencari uang di Youtube cukup mudah, semakin ‘kesini’ semakin dipersulit dengan berbagai syarat dari si Mbah Google yang terasa memberatkan bagi Youtuber pemula.

Tapi kisah-kisah inspiratif seperti Eka Lesmana , yang tadinya tukang angon bebek bisa mendapatkan penghasilan ‘ratusan juta’ (suka khan denger kata ini) dari adsense , atau kisah seperti videonya Om Deddy Corbuzier yang mengklaim mendapatkan penghasilan 40-50 juta rupiah perbulan dari Youtube tetap mengobarkan semangat pantang menyerah dari sebagian besar Youtuber-Youtuber pemula.

cara daftar youtube

2. Menjadi Terkenal Karena Youtube

Selain bisa mendapatkan uang, salah satu point yang dicari oleh orang-orang yang berniat menjadi Youtuber adalah ‘mudah-mudahan’ saya bisa terkenal, lalu ada produser yang menawari saya main film atau masuk rekaman.

Tidak dapat dipungkiri , keberhasilan Raditya Dika maupun beberapa Youtuber yang kemudian terkenal dan bermain film telah memicu harapan ini.

Jika pada zaman generasi ‘old’ kita dulu untuk menjadi terkenal perlu perjuangan dan mental baja serta proses yang berliku, kini bagi yang memiliki bakat dan kreatifitas jalan tersebut sangat-sangat dipermudah.

Bagi yang mempunyai vokal bagus apalagi pintar memainkan alat musik, tinggal beli perlengkapan rekaman (home recording) , pasang kamera, ambil alat musik, hidupkan komputer langsung mulai merekam.

Saya masih ingat dulu bagaimana waktu saya bersama teman-teman masih ‘ngeband’ supaya lagu kita bisa diputar di radio saja harus menyewa studio khusus untuk rekaman, membuat demo kemudian berkeliling ke satu perusahaan rekaman satu ke perusahaan lainnya untuk menawarkannya.

Akhirnya pada saat lagu kita diputar di salah satu radio karena kita menjuarai UI Blues Festival , maupun Gunadarma Blues Festival rasanya senaaaaaaaang sekali.

Walau akhirnya kami tidak jadi rekaman (*maaf ya Om Tamam Husein,Om Bens Leo mungkin kalian sudah tidak ingat kami yang dahulu mau diajak rekaman tapi malah berantem di studio Pancoran wahahaha) namun kenangan indah tersebut masih sangat membekas dalam memori kami.

Namun sekarang ?? Jika merasa bisa mengarang lagu, ambil gitar kemudian rekam dan upload di Youtube, maka lagu kita sudah bisa dinikmati oleh orang-orang DISELURUH DUNIA !!

Ck..ck..ck…betapa dunia berubah begitu cepat.

3. Sebagai Tempat Curhat

Selain dua hal utama di atas, ternyata banyak juga yang menjadikan Youtube sebagai tempat pelampiasan segala rasa apapun yang ada di hati.

Ada yang menjadikannya sebagai semacam diary pribadi tempat meluapkan segala kegalauan yang mungkin tidak bisa diungkapkan kepada orang lain.

Ada juga yang hobi memotivasi orang akan menjadikan Youtube sebagai sarana untuk menyalurkan hobinya memotivasi orang.

Atau jika saat itu sedang galau Youtube seakan bisa menjadi sarana untuk berbagi segala macam kegalauan yang ada di hati, jika ada yang like atau comment maka merasa seakan kegalauannya ada yang mengerti.

4. Sebagai sarana untuk menyalurkan kreatifitas

Nah ini sebenarnya yang paling pas menurut saya untuk seorang Youtuber.

Dengan hadirnya Youtube maka kita bisa menyalurkan berbagai kreatifitas yang kita punyai untuk kemudian menjadi inspirasi bagi orang lain.

Entah itu kreatifitas covering lagu, membuat tutorial tentang berbagai macam,  atau bahkan membuat film pendek sekalipun.

Sehingga dengan hadirnya Youtube maka banyak orang yang terbantu , misalnya ingin belajar gitar bisa melihat di Youtube, ingin belajar make up juga bisa belajar di Youtube, ingin belajar Photoshop juga banyak tutorial di Youtube, bahkan sampai berbagai macam tutorial yang tidak terpikirkan oleh kita juga ternyata ‘ada yang membuatnya’ di Youtube.

Jadi Bagaimana Menghasilkan Uang Melalui Youtube ?

Nah akhirnya kembali lagi kepada persoalan intinya, kalau Youtube demikian fenomenal lalu bagaimana cara kita dapat uang dari Youtube?

Secara sederhananya begini, para orang tua zaman ‘old’ tentu paham sekali dengan yang namanya Iklan dan sejarahnya di Indonesia.

Saya masih ingat betul waktu televisi mulai populer di Indonesia, dimana untuk dapat menikmati siaran satu-satunya stasiun TV yaitu TVRI setiap rumah dipungut iuran bulanan untuk biaya operasionalnya.

Saya juga masih ingat bagaimana dulu menyembunyikan antena di dalam genteng supaya kalau ada razia tidak ketahuan bahwa di rumah kita ada TV hahahaha.

Namun yang namanya media massa zaman dahulu dan zaman sekarang sama saja, jika di zaman dahulu Televisi menjadi media yang banyak ditonton orang (selain koran dan majalah tentunya), maka di zaman ‘now’ medsos dan internet lah yang menjadi primadona dan yang namanya media untuk massa tentu saja sangat menarik untuk…JUALAN yup !!

Akhirnya TVRI pun mulai dihinggapi yang namanya iklan, bahkan lucunya justru ditahun 1970-1980 an yang namanya iklan itu ditunggu-tunggu dengan nama acaranya Siaran Niaga Mana Suka.

Setiap tepat jam 7 malam maka saya dan keluarga akan buru-buru menghidupkan televisi hitam putih kita waktu itu untuk menonton SIaran Niaga selama setengah jam.

Sampai akhirnya bermunculan televisi-televisi swasta yang kemudian memasang iklan setiap beberapa menit, menjadikan iklan itu sepertinya mengganggu namun justru disitulah pemasukan terbesar dari tv-tv swasta waktu itu.

siaran niaga mana suka

Lambat laun TVRI mulai ketinggalan, sehingga tidak ada lagi yang mau membayar iuran bulanannya , akibatnya TVRI pun mati suri.

Zaman mulai berganti generasi zaman ‘now’ sekarang lebih suka menonton di Youtube, ataupun membaca berbagai berita di internet.

Tentu saja para pemasang iklan juga menyadari hal tersebut, oleh karena itu seperti yang saya sebutkan tadi yang namanya media yang menarik massa tentu menarik untuk jualan, sehingga akhirnya iklan pun mulai bergeser ke internet.

Akibatnya Youtube yang dahulu bisa kita nikmati tanpa iklan, sekarang mulai penuh dengan berbegai macam iklan, tapi justru karena itulah Youtube bisa hidup.

Youtube kemudian membagi penghasilan iklannya dengan para kreator (pembuat video) yang membuat video kemudian menguploadnya ke Youtube.

Sistem yang digunakan Youtube cukup adil dimana semakin banyak video seseorang ditonton, maka semakin banyak penghasilan yang dibagi ke orang tersebut.

Dari situlah kemudian berkembang para Youtuber yang berusaha menciptakan konten (materi video) yang menarik minat masyarakat banyak.

Bahkan begitu masifnya para kreator tersebut berusaha, sampai terkadang cenderung ‘nekat’ dan mengabaikan keselamatan diri sendiri.

Kita tentu masih ingat dengan kejadian jatuhnya seorang selebgram yang mencoba membuat video dirinya sedang bergelantungan di sebuah gedung yang tinggi sehingga tewas.

Hal itu dilakukan karena ingin mendapat view yang lebih banyak, bahkan kecenderungan saat ini para Youtuber cenderung merasa lebih termotivasi jika ada pemirsanya yang menantang dalam commentnya untuk melakukan sesuatu.

Dengan dalih tidak ingin mengecewakan subscribernya (dahulu mungkin disebut fans) maka hal-hal nekat tersebut kemudian berusaha dilakukan.

Jadi sederhananya Youtube mendapat uang dari para pemasang iklan, kemudian Youtube akan menyalurkannya kepada para Kreator/Youtuber berdasarkan view video masing-masing.

Kok bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta ?

Yups , jika seorang Youtuber selalu membuat konten yang menarik bagi banyak orang maka lama kelamaan pemirsanya akan menunggu video-video baru dari Youtuber tersebut.

Itulah gunanya Subscribe, jika seseorang melakukan subscribe terhadap channel /video seorang Youtuber maka setiap ada video baru yang keluar atau diupload maka orang tersebut akan menerima notifikasi, biasanya melalui email.

Oleh karena itu untuk seorang Youtuber yang sudah mempunyai subscriber banyak, setiap videonya keluar tentu yang nonton juga langsung banyak, akibatnya iklan yang ditayangkan juga banyak, maka penghasilan yang didapatnya juga banyak.

Itulah pentingnya Subscriber, apalagi pada saat ini Youtube mulai memberlakukan bahwa untuk dapat sebuah video mulai menghasilkan uang , maka si Youtuber yang punya channel tersebut harus mempunyai minimal 1.000 subscriber untuk channelnya tersebut.

Tahapan Subscriber dalam Youtube

Untuk memotivasi para kreatornya agar lebih bagus lagi dalam menciptakan konten yang akhirnya akan menambah jumlah subscriber mereka, maka Google melalui Youtube memberikan semacam ‘Reward’ berupa penghargaan kepada Youtuber-Youtuber yang berhasil menggaet subscriber dalam jumlah tertentu.

Penghargaan tersebut semacam plakat atau piala yang tentu membuat bangga bagi siapa saja yang mendapatkannya.

Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

Penghargaan SILVER PLAY BUTTON untuk yang mencapai 100.000 subscribers

youtuber terkenal

Penghargaan GOLD PLAY BUTTON untuk yang mencapai 1.000.000 subscribers

mengenal youtube

Penghargaan DIAMOND PLAY BUTTON untuk yang mencapai 10.000.000 subscribers

bagaimana mendapat uang dari youtube

Penghargaan RUBY PLAY BUTTON untuk yang mencapai 50.000.000 subscribers, dimana bentuknya akan menyesuaikan logo channel youtube kita.

pewdewpie mendapat ruby

Sampai saat ini setahu saya baru 1 Youtuber yang mencapai RUBY PLAY BUTTON yaitu Pewdewpie, mantap deh memang youtuber yang satu ini.

Bayangkan jika pada tahun 2016 penduduk kota Jakarta mencapai 10 juta jiwa, maka yang sub channelnya si Pewdewpie adalah 5X PENDUDUK KOTA JAKARTA !!! Kebayang kan bagaimana saktinya ni orang.

Bahkan jika kita mendapat SILVER PLAY BUTTON saja sudah tentu kita akan dengan bangga posting photo selfie kita di facebook, instagram, dsbnya.

Rasa bangga itulah yang mendorong para Youtuber untuk membuat konten yang lebih menarik dan lebih disukai banyak orang.

Jadi berapa penghasilan seorang Youtuber ?

Tergantung, kalau bertanya kepada Youtuber pemula tentu masih berupa recehan karena pertayang iklan itu penghasilannya keciiiiiil banget, itupun kalau tidak salah masih dipotong 45-55% untuk si Youtubenya.

Tapi kalau satu video seperti Pewdewpie bisa ditonton paling tidak 30 juta subscribernya saja maka bisa dibayangkan berapa penghasilannya.

Mari kita hitung-hitungan, anggap saja untuk 1 kali tayang iklan di video kita , kita mendapatkan hasil Rp.1 yang mana berarti USD.0.00007 sekian  jika kursnya Rp.13 ribuan.

Untuk yang ditonton oleh 100.000 orang (Silver play button) = Rp.1 x 100.000 = Rp.100.000 pervideo

Untuk yang ditonton oleh 1.000.000 orang (Gold play button) – Rp.1.000.000 pervideo

Untuk yang ditonton oleh 10.000.000 orang (Diamond play button) = Rp.10.000.000 pervideo

Udah ga usah hitung yang ruby, kalo ngimpi jangan ketinggian hehehe…

Jika misalkan orang tersebut membuat 4 video perbulan maka penghasilannya perbulan adalah :

SILVER = Rp.100.000 x 4 = Rp.400.000

GOLD = Rp.4.000.000

DIAMOND = Rp.40.000.000

Itulah realita penghasilan dari Youtube kira-kira saat ini, tentu semakin banyak video yang dibuat dan dilihat tentu akan semakin banyak penghasilannya.

MASALAHNYA……

Untuk mendapatkan view sampai 100.000 view saja bukan perkara yang mudah

Memang terkadang ada yang ‘hit’ jackpot, begitu videonya diupload eh langsung menjadi trending tapi itu ada 1 diantara berjuta-juta Youtuber diluar sana.

Jadi jangan heran jikalau banyak Youtuber-Youtuber pemula yang kemudian berguguran karena ternyata penghasilan yang didapatnya terasa tidak sebanding dengan kerja keras yang sudah dilakukannya.

Oleh karena itu ada benarnya juga yang dikatakan mas Deddy Corbuzier, untuk menjadi Youtuber itu jangan melulu terfokus kepada penghasilannya, melainkan ‘nikmati’ prosesnya.

Seperti saya yang sudah mencoba ngeblog di blog ini selama kurang lebih 9 bulan, terkadang perasaan ingin menyerah itu ada, namun kembali saya menikmati setiap momentnya, setiap ide tulisan yang muncul, terkadang membuat hari lebih menyenangkan mengetahui ada satu kegiatan yang kita lakukan dengan hati.

Bahkan sekarangpun saya mulai mencoba untuk melangkah membuat channel Youtube karena saya begitu menyukai dunia online.

Itulah perkenalan singkat kita dengan dunia Youtube, mungkin di kesempatan berikutnya kita akan sama-sama belajar bagaimana cara mendaftar Youtube dari nol sampai mulai menghasilkan uang melalui youtube.

Atau mungkin kita akan juga membahas ide-ide apa yang bisa kita lakukan jika kita ingin menjadi seorang Youtuber.

Nantikan terus artikel-artikel selanjutnya, sementara itu yuk dibaca juga :

 

Ingin membuat photo produk dengan hasil yang bagus, mungkin trik ini bisa kamu coba

Ingin usaha dropship barang dari China? Pahami resiko-resikonya disini

Ini dia trik memasarkan dengan Facebook yang jarang diketahui orang

5 Usaha Yang Mudah Pemasarannya
Tutorial Bagaimana Membuat Photo Produk Dengan HP Hasil Bagus
Yuk bagikan artikel ini