/Apa Itu Domain dan Hosting | Mengetahui Pengertian Domain dan Hosting Termudah
sb1m belajar internet marketing

Apa Itu Domain dan Hosting | Mengetahui Pengertian Domain dan Hosting Termudah

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu domain dan hosting, untuk mengetahui pengertian domain dan hosting termudah yuk kita bahas dengan bahasa yang sederhana.

Tentu rekan-rekan yang sering menggunakan internet sekali dua kali pasti menemukan istilah hosting dan domain.

Apalagi buat rekan-rekan yang sedang mempelajari mengenai bisnis online tentu harus mengerti apa itu hosting dan domain, kenapa?

Karena dasar dari sebuah bisnis online biasanya adalah sebuah website, dimana sebuah website tidak akan bisa diakses melalui internet jika tidak lebih dahulu memiliki hosting dan domain.

Apa itu hosting ?

Baiklah untuk tahap awal kita harus mengerti dahulu apa itu hosting.

Secara definisinya hosting adalah sebuah space yang disewa untuk kita menyimpan data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa script, gambar, tulisan,program, aplikasi dan sebagainya.

Jadi secara sederhana dapat dikatakan bahwa hosting itu ibarat sebuah hard disk, tempat kita menyimpan file-file kita baik itu photo, video, tulisan, email, dan berbagai file kita lainnya.

apa itu domain

Namun kalau file tersebut hanya di hardisk kita maka tentunya hanya orang yang menggunakan komputer kita saja yang bisa mengaksesnya, padahal kita ingin agar file kita bisa diakses oleh orang lain di seluruh dunia.

Oleh karena itulah banyak penyedia hosting menyewakan hard disk mereka untuk dapat diakses secara online.

Hard disk tersebut diletakkan dalam sebuah komputer server yang dikhususkan untuk keperluan ini, dimana server ini terkoneksi dengan jaringan internet dan menyala terus menerus sehingga membutuhkan sumber daya dan fasilitas yang memadai, seperti misalnya pendingin ruangan yang baik, tempat penyimpanan yang baik, dsb.

Jadi prinsipnya saat kita membeli hosting, artinya kita menyewa hard disk tersebut dengan kapasitas tertentu misalnya 1 GB, 2GB, 5GB, 10GB, dst untuk jangka waktu tertentu, umumnya 1 tahun.

Apa itu Domain ?

Setelah mengerti apa itu hosting sekarang kita beralih untuk mengetahui apa itu domain .

Secara definisi domain adalah sebuah nama unik yang dipergunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah server baik web server ataupun email server di internet.

Jadi jika tadi hosting adalah sebuah hard disk yang kita sewa di sebuah komputer server yang terhubung di internet, maka untuk dapat mengaksesnya kita harus tahu komputer server itu ada dimana, atau dinamakan apa.

apa itu hosting

Bagi yang paham mengenai komputer jaringan pasti mengerti bahwa setiap komputer mempunyai nama / ID khusus untuk dapat dikenali dalam sebuah jaringan,

Nama itu biasa disebut dengan IP Address, bentuknya biasanya terdiri dari angka-angka, misalnya : 192.168.1.150.

Jadi anggaplah komputer server yang kita sewa memiliki IP Address 192.168.1.150 tersebut maka untuk dapat mengaksesnya kita perlu mengetikkan angka IP tersebut di browser kita (Chrome, Firefox, Internet Explorer, dll)

Namun di internet jumlah website ada jutaan, bahkan mungkin milyaran yang tentu saja kita akan sangat kesulitan untuk bisa mengingat sebuah deretan angka seperti itu.

Oleh karena itulah kemudian deretan angka itu diberi nama khusus yang lebih mudah diingat, misalnya seperti blog ini yang diberi nama dennychristian.com.

Nama itulah yang disebut domain.

Jadi untuk dapat menerjemahkan deretan angka-angka yang sulit diingat tersebut dengan nama khusus yang lebih mudah diingat kita perlu membeli sebuah domain.

Nama domain ini harus unik dan tidak boleh ada yang sama, karena satu domain hanya boleh menunjuk ke satu alamat IP tadi, oleh karena itu saat membeli domain kita biasanya perlu periksa terlebih dahulu apakah nama domain yang kita inginkan sudah ada yang memakainya atau belum.

Jika ada yang sama, maka biasanya diakali dengan membeli akhiran yang berbeda, misalnya akhiran com, net, id, dsb.

 

hosting adalah

 

Jenis-Jenis Domain

Setelah kita mulai mengerti apa itu hosting dan apa itu domain, maka kita perlu juga mengetahui aa saja jenis-jenis domain yang ada di dunia internet.

Secara spesifik jenis domain biasa dibedakan berdasarkan akhirannya.

Jika dikategorikan berdasarkan akhirannya, domain dapat dibedakan menjadi :

1. General Top Level Domains (gTLDs)

Yaitu suatu jenis domain yang digunakan secara umum tanpa pembatasan tertentu sehingga setiap orang bisa mendaftar dan menggunakannya.

 

second level domain adalah

 

Beberapa General Top Level Domain yang populer antara lain adalah :

  • com –> biasanya digunakan untuk website komersial, misalnya toko online
  • edu –> biasanya digunakan untuk website dengan tema pendidikan, seperti universitas, sekolah, dll
  • biz –> biasanya digunakan untuk website bisnis, misalnya perusahaan
  • net –> mungkin awalnya digunakan untuk website dengan tema internet, tapi sekarang sama seperti com sudah berlaku umum
  • info –> biasanya digunakan untuk website dengan tema memberikan informasi
  • org –> biasanya digunakan untuk website sebuah organisasi
  • tv –> biasanya digunakan untuk website pertelevisian

dan berbagai macam akhiran lainnya yang mungkin jarang kita dengar, namun dari kesemuanya itu yang paling umum kita temukan adalah yang berakhiran com.

Itulah kenapa website dengan domain com umumnya selalu menjadi pilihan pertama setiap orang yang ingin membuat sebuah website.

domain adalah

 

2. Country Specific Domains (ccTLDs)

Yaitu suatu jenis domain yang digunakan oleh sebuah negara tertentu, sehingga hanya bisa didaftarkan di negara yang bersangkutan.

Untuk Indonesia sendiri domainnya adalah .id

Walaupun domain ini bisa digunakan sebagai Top Level Domain (TLD), namun umumnya penggunaannya lebih ke second level domain.

Second Level Domain adalah domain yang berada di belakang domain utamanya, misalnya untuk keperluan website com seringnya website Indonesia menggunakan domain .co.id atau .web.id.

Contoh lainnya untuk universitas seringnya digunakan ac.id , untuk organisasi digunakan .or.id dan untuk pemerintahan biasanya digunakan .go.id.

Selain itu second level domain bisa juga merupakan sub domain dari sebuah website tertentu, misalnya saja https://toko57.com memiliki juga second level domainnya yaitu https://kreasi.toko57.com.

Umumnya hosting dengan paket terentu mengijinkan setiap kita untuk memiliki beberapa sub domain dari website utama kita.

Itulah kiranya pengertian singkat mengenai apa itu domain , dan apa itu hosting serta penjabarannya mengenai jenis Top Level Domain dan Second Level Domain.

Untuk mengerti lebih dalam mengenai hosting dan domain ini sebagai dasar awal untuk kita berbisnis online, yuk bergabung dengan komunitas SB1M.

Sebuah komunitas internet marketer yang berawal dari orang-orang yang tadinya gaptek di dunia internet marketing, bahkan para ibu-ibu yang tadinya hanya tahu urusan dapur, namun setelah dibimbing oleh para mentornya akhirnya bisa memiliki penghasilan tambahan yang cukup lumayan dari dunia internet marketing.

Untuk bergabung menjadi free member SB1M bisa klik di—-> sini

Untuk yang ingin langsung mendaftar menjadi murid / member premium SB1M bisa klik di –> sini

Untuk yang hanya ingin mendaftar sesi kelas webinarnya saja bisa klik di —> sini

Hosting Dengan Domain Gratis Selamanya

Melalui artikel yang membahas apa itu domain dan apa itu hosting ini saya juga ingin merekomendasikan mengenai hosting yang saya pakai , dan cukup memuaskan untuk saya.

Hosting Dewaweb, adalah hosting yang menurut saya sangat baik terutama dalam hal support nya.

Karena seringkali dalam kita membangun sebuah website, pasti…saya katakan pasti kita akan menemukan banyak kendala yang membuat kita pusing tujuh keliling.

Umumnya kita dalam membangun sebuah web berdasarkan tutorial yang ada di internet tanpa pengetahuan bahasa html ataupun bahasa lain yang mumpuni.

Seringkali saat kita salah dalam memasukkan / mengubah kode-kode tertentu maka website kita error dan tidak bisa dibuka, bahkan untuk login admin sekalipun.

Panik ? Jelas !

Disaat itulah peranan support staff sangat berpengaruh , belum lagi jika website kita dihack orang, sakit rasanya…

Hasil jerih lelah kita berjam-jam hilang begitu saja, disaat-saat seperti itulah maka peranan seorang supporting staff akan banyak membantu kita.

Hosting Dewaweb terkenal dengan Ninja Supportnya yang bereaksi cepat dalam mebantu klien mereka jika ada masalah.

Tersedia berbagai macam paket yang rata-rata memberikan domain gratis selamanya !

Hosting Dewaweb ini sangat saya rekomendasikan, bahkan jika kita mau teliti review dari master-master web builder Indonesia rata-rata memasukkan hosting Dewaweb dalam jajaran 10 besar web terbaik Indonesia.

ninja support dewaweb

Yuk dibaca juga :

Bukti nyata hasil dari SB1M setelah 1 tahun saya bergabung menjadi membernya, riil tanpa rekayasa !

Ingin membeli Mic Bluetooth? Baca ini dulu sebelum menyesal, review mic bluetooth terbaik Indonesia

Review Dewaweb, hosting terbaik dengan gratis domain selamanya yang tidak menipu

 

 

 

Keunggulan SB1M dan Mengapa Saya Memilih SB1M Untuk Belajar Internet Marketing
Usaha Sablon Kaos Satuan | Berbagi Pengalaman
Yuk bagikan artikel ini