/5 Usaha Yang Mudah Pemasarannya
usaha untuk pemula

5 Usaha Yang Mudah Pemasarannya

Senang sekali pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai 5 usaha yang mudah pemasarannya.

Pada saat-saat sekarang ini banyak orang yang mulai terbuka pikirannya dan mulai berniat untuk terjun ke dalam dunia entrepreneur atau menjadi pengusaha.

Baik itu pengusaha taraf kecil-kecilan ataupun langsung membuat suatu usaha yang skala besar.

Banyak hal yang menyebabkan fenomena ini yang antara lain adalah ; lulusan sarjana semakin banyak sementara laju pertambahan lapangan pekerjaan yang tidak seimbang.

5 usaha yang mudah dilakukan

Penyebab lainnya lagi disebabkan karena banyaknya perusahaan-perusahaan yang bertumbangan di era persaingan global yang semakin keras ini sehingga memaksa pengurangan pegawai yang cukup signifikan.

Sedangkan untuk faktor ketiga saya mengamati bahwa saat ini pola pikir generasi-generasi muda zaman sekarang sudah mulai berubah.

Banyak dari mereka yang tidak mempunyai tujuan hanya sekedar bekerja di kantor atau menjadi seorang pekerja bagi orang lain, namun kecenderungan saat ini banyak dari mereka yang akan merasa bangga jika berhasil memiliki sebuah usaha.

Apalagi ditunjang dengan semakin berkembangnya ekonomi kreatif membuat banyak anak-anak muda yang tertantang untuk terjun ke dalamnya.

Kenyataannya Mencari Usaha Yang Mudah Pemasarannya Tidak Mudah

Yup, seringkali para new entrepreneur ini kemudian terbentur oleh ‘tembok tebal’ dimana mereka menyadari bahwa impian mereka akan usaha yang mudah, cepat menghasilkan dan lebih nyaman dijalani kemudian seperti gelembung-gelembung sabun yang pecah ditengah udara panas.

Mereka langsung berhadapan dengan realita bahwa usaha tersebut tidak semudah yang dibayangkan, perlu ketekunan, perlu keuletan dan kerja keras.

Dari semua hal tersebut saya melihat bahwa ‘kebanyakan’ dari usaha baru yang dijalankan tersebut kesulitan dalam mencari jalan untuk pemasarannya.

Mereka yang berproduksi mungkin sudah menguasai teknik memproduksi produk dengan baik, mereka yang berdagang mungkin sudah membaca teknik-teknik berdagang dengan baik, sudah riset dimana mencari produk murah, dsb.

Namun saat usaha mereka berjalan dan ‘baru seumur jagung’ istilahnya, mereka kemudian mengalami kesulitan memasarkan produknya tersebut.

Untuk itulah mungkin beberapa usaha dibawah ini bisa membuka pandangan kita bahwa ada beberapa usaha yang sebenarnya mudah pemasarannya.

Beberapa Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dari Artikel Ini

Sebelum kita sampai kepada jenis-jenis usahanya, PENTING untuk kita ketahui bahwa walaupun usaha-usaha yang akan saya sharingkan ini dikatakan mudah pemasarannya, namun tetap semua tidak bisa dipastikan 100% dan tergantung dari masing-masing kondisi.

Faktor-faktor tersebut antara lain :

Faktor Lokasi/Daerah Menentukan Usaha Yang Mudah Pemasarannya Tersebut

cara menjalankan usaha yang mudah pemasarannya

Ya, benar sekali setiap daerah masing-masing mempunyai karakteristiknya masing-masing.

Sebuah usaha yang sangat berhasil di satu tempat belum tentu bisa berhasil di tempat lain, oleh karena itu dalam sharing artikel kali ini tetap anda harus mempertimbangkan apakah usaha yang akan kita bahas ‘sesuai/cocok’ untuk karakteristik daerah anda atau tidak.

Tingkat Persaingan Sangat Menentukan Usaha Yang Mudah Pemasarannya Tersebut

ide usaha mudah bagi pemula

Sebuah usaha, apalagi usaha yang sukses tentu akan banyak juga yang terjun di dalamnya untuk kemudian membuat jenis usaha yang serupa.

Untuk sebuah usaha yang walaupun usaha tersebut ‘sangat-sangat bagus’ sekalipun namun jika tingkat persaingannya sudah sampai pada titik jenuh maka akan menjadi faktor yang menurunkan tingkat keberhasilan usaha tersebut.

Memang tidak ada usaha yang tidak ada persaingan, namun jika tingkat persaingannya sudah sedemikian ketatnya maka akan menjurus kepada sistem persaingan yang tidak sehat.

Jadi kembali anda harus mempertimbangkan tingkat persaingan seperti apakah jenis usaha yang akan saya sharingkan ini.

Faktor Harga Juga Sangat Menentukan Usaha Yang Mudah Pemasarannya Tersebut.

Nah faktor penentu yang lain yang harus dipertimbangkan selain dua faktor di atas adalah tingkat harganya.

Apakah anda bisa paling tidak menjual produk yang ingin anda pasarkan tersebut dengan harga yang berlaku di pasaran.

Memang ada yang mengatakan bahwa dalam sebuah usaha “HARGA BUKANLAH YANG UTAMA” , betul saya setuju sekali ada kalanya harga bukan menjadi faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen, contohnya : Tas Hermes yang semakin mahal semakin diburu orang.

Namun saya ingin berkata kepada mereka yang menganut paham ini bahwa HAL TERSEBUT BERLAKU JIKA MEMANG PRODUK TERSEBUT SUDAH PUNYA NAMA, PUNYA PENGGEMAR/PELANGGAN SETIA, SUDAH DIKENAL MASYARAKAT LUAS AKAN KUALITASNYA.

Dan untuk mencapai hal-hal tersebut diperlukan usaha yang tidak mudah, apakah membangun trust (kepercayaan pelanggan), beriklan habis-habisan, meningkatkan tingkat pelayanan / service kepada pelanggan, memberikan bonus, dsb.

usaha yang mudah pemasarannya bagi pemula

Namun untuk kita yang sedang mau memulai usaha yang baru, yang belum dikenal, maka paham tersebut SERINGKALI malah menyesatkan para new entrepreneur tersebut.

Saran saya PERTIMBANGKAN HARGA produk yang anda jual , jika tidak bisa lebih rendah dari harga pasaran setidaknya usahakan menjual di harga pasaran.

Hal ini akan mempermudah pemasaran produk kita tersebut.

Apalagi jika seperti faktor kedua yang saya sebutkan diatas bahwa usaha kita memiliki tingkat persaingan yang sudah sedemikian ketatnya sehingga menjurus kepada persaingan tidak sehat dengan ‘banting-bantingan harga’ maka sebaiknya anda kaji ulang apabila anda hendak terjun kedalam model usaha seperti ini namun tingkat harga produk anda di atas mereka.

Trend Yang Sedang Berlaku Juga Menentukan Usaha Yang Mudah Pemasarannya Tersebut

Pertimbangkan juga faktor trend yang sedang berlaku di daerah anda saat ini.

Saran saya JANGAN TERJUN KEDALAM USAHA YANG HANYA MEMILIKI KECENDERUNGAN TREND YANG SINGKAT.

Memang saat trend tersebut sedang ‘hit’ maka anda akan sangat-sangat mudah menjual produk tersebut, namun saat trend tersebut melemah bahkan sudah tidak trend lagi maka anda akan berhadapan dengan berbagai masalah.

Kalkulasikan apakah potensi keuntungan usaha trend ini bisa mengembalikan modal yang sudah anda keluarkan, perkirakan berapa lama trend ini akan berlangsung.

trend usaha yang mudah pemasarannya

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan beberapa kali usaha trend ini menjebak para pelaku usaha, contoh yang masih segar di ingatan adalah usaha batu akik, yang dulu sempat sangat trend sehingga banyak dan banyak orang yang kemudian tanpa berpikir panjang terjun ke usaha ini untuk kemudian terjebak karena batu yang dulunya berharga jutaan kini ratusan ribu saja susah dijual.

Atau sempat juga usaha spinner begitu trendnya sampai-sampai orang buka etalase dipinggir-pinggir jalan hanya khusus untuk menjual spinner, namun ternyata tidak sampai ‘setengah tahun’ usaha tersebut langsung tumbang.

Saya bahkan pernah melihat seseorang yang di rumahnya masih tersisa tumpukan puluhan kardus-kardus berisi ‘ribuan’ spinner yang sekarang sudah susah terjual.

Anda tentu tidak mau terjebak dalam masalah seperti itu bukan ?

Oleh karena itu pertimbangkan kembali apakah usaha yang sedang anda impikan ini termasuk usaha trend ataukah jenis usaha jangka panjang.

JENIS USAHA YANG MUDAH PEMASARANNYA

Baiklah setelah saya berpanjang lebar menjelaskan di awal, maka kini saya akan sharingkan beberapa jenis usaha yang mudah pemasarannya serta penjelasan mengapa usaha tersebut saya katakan mudah pemasarannya.

1. USAHA AYAM GORENG ALA FRIED CHICKEN

Usaha ini termasuk usaha yang sangat mudah dalam memulainya, juga dalam memasarkannya.

Anda tinggal menyediakan tempat, etalase beberapa alat promosi, anda sudah bisa mulai berjualan,terdengar mudah ya namun kenyataannya tentu tidak semudah kedengarannya.

ide usaha yang mudah menguntungkan

Namun memang usaha ayam goreng ala fried chicken ini termasuk salah satu usaha yang cukup mudah untuk dimulai dan dipasarkan.

Masyarakat sangat menggemari ayam goreng ala fried chicken ini, dan masing-masing memiliki merk favoritnya sendiri-sendiri.

Kesukaan masyarakat akan hidangan jenis ini dimulai saat Indonesia diserbu berbagai outlet-outlet seperti KFC, Mc.Donald, CFC, Texas, Wendys, dsb dimana merk-merk tersebut bukan hanya disukai di Indonesia namun juga di seluruh dunia.

Lama kelamaan karena harga-harga yang kian melambung membuat ayam goreng merk-merk terkenal menjadi ‘kurang’ terjangkau oleh masyarakat, sehingga oleh orang-orang yang kreatif kesempatan ini langsung dijadikan usaha yang terbukti menjanjikan.

Masyarakat yang sebelumnya memandang sebelah mata terhadap ayam-ayam goreng jenis ‘kaki lima’ ini lama-kelamaan mulai beralih.

Hal ini bukannya tanpa kendala, pemegang merk-merk terkenal sudah barang tentu tidak tinggal diam dan berusaha terus bersaing dengan segala macam cara.

Baik melalui iklan yang bertubi-tubi di berbagai media, billboard segede-gede gaban di berbagai sudut yang strategis, bahkan entah darimana asalnya pada saat awal-awal kemunculan usaha ayam goreng ala fried chicken ini tiba-tiba diterpa isu bahwa banyak yang menggunakan daging tikus, sehingga usaha ini sempat mati suri.

Namun perlahan tapi pasti, semangat entrepreneur dari pengusaha-pengusaha ayam goreng ala fried chicken membangkitkan kembali peluang usaha ini hingga akhirnya bertubuh dan berkembang seperti sekarang.

Merk-merk seperti ayam Sabana, Hisana, Boboho, dan berbagai franchise lainnya yang terkenal kini sudah mulai menjadi pilihan masyarakat.

Apalagi kini Alfamart pun sudah menyediakan gerai khusus ayam goreng ala fried chicken ini disetiap outlet-outlet alfa midinya, hal ini menunjukkan bahwa peluang usaha ayam goreng ala fried chicken ini merupakan sebuah usaha yang menjanjikan dan mudah dijual.

Bagi yang ingin langsung memulai usaha ini tidak ada salahnya mengikuti sebuah franchise yang sudah terbukti berhasil, namun jika anda yang ingin tantangan dan membangun merk sendiri maka anda bisa mulai mempelajari trik-trik bagaimana menghasilkan ayam goreng ala fried chicken yang lezat dan krispy dengan harga yang terjangkau.

Saya pun pernah ‘hampir’ membuka usaha ini namun sayangnya saat saya ‘melamar’ sebuah franchise yang sudah terkenal ternyata sudah kehabisan slot lokasi akibat sudah penuhnya slot merk tersebut di tempat saya, dan diberikan sebuah tempat yang cukup jauh dari rumah sehingga akhrnya sayapun membatalkannya.

Namun kembali perlu diingat untuk memulai usaha ini anda harus menganalisa tingkat persaingannya, kemudian kegemaran masyarakatnya akan cita rasa seperti apa yang disukai, serta lokasi gerai yang cukup ramai, saran saya jika mungkin untuk lokasi anda bisa sewa di depan Indomaret karena biasanya Indomaret bersedia menyewakan teras depannya dengan harga yang cukup terjangkau.

2. USAHA TERNAK LELE

Yang kedua dari jenis usaha yang mudah pemasarannya adalah usaha budi daya lele.

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa jenis ikan yang satu ini ternyata begitu digemari oleh masyarakat Indonesia, lihat saja disepanjang jalan-jalan yang anda lalui berapa banyak tenda-tenda yang menjual pecel ayam dan pecel lele bertebaran.

Bisa dibayangkan berapa banyak konsumsi lele oleh masyarakat Indonesia setiap harinya, bahkan mungkin banyak juga yang tidak tahu bahwa semenjak tahun 2015 pemerintah telah menjadikan lele sebagai salah satu komoditas andalan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat (sumber viva.co.id).

Bahkan lebih lanjut lagi ikan lele Indonesia telah menembus pasar International terutama kawasan Eropa.

Jadi tidak mengherankan jika anda berhasil menjalankan usaha budi daya lele , tentu tidak akan sulit dalam mencari pembeli karena kabarnya justru pasokan lele masih belum dapat memenuhi permintaan pasar.

cara budi daya lele dengan kolam terpal

Budi daya lele di jaman sekarang ini sudah berkembang dan memanfaatkan teknologi, sehingga usaha budi daya atau ternak lele ini semakin mudah dilakukan.

Sebut saja kolamnya yang sekarang banyak menggunakan media terpal yang mudah dibongkar pasang, kemudian juga untuk pakannya serta pengembang biakannya semua sudah berbasis teknologi modern sehingga sangat salah jika masih menganggap bahwa lele adalah ikan yang jorok yang dulu katanya makanannya adalah *mohon maaf* kotoran manusia.

Saat ini pakan lele sudah diformulasikan secara khusus yang menunjang pertumbuhan lele untuk lebih maksimal sehingga menurut yang saya pernah pelajari lele dapat dipanen setiap 4 bulan sekali.

Bahkan bukan hanya itu saja, ada seorang pengusaha lele yang justru banyak mendapat hasil bukan dari lele nya melainkan dari menjual perlengkapan budi daya nya seperti kolam terpal tadi, bahkan menurut ceritanya hanya dari usaha kolam terpalnya ini ia berhasil meraup hingga ratusan juta rupiah perbulannya, menggiurkan bukan ?

cara usaha ternak lele

Namun setiap usaha tentu juga memiliki tantangan dan kendalanya masing-masing.

Untuk usaha ternak lele ini menurut hasil diskusi saya dengan beberapa pengusaha lele tempat saya mencoba belajar, bukanlah dalam inti usahanya sendiri seperti pengembang biakannya ataupun pemasarannya.

Melainkan tantangan utama dari usaha lele ini lebih karena faktor lain yaitu : pencuri !

Bahkan ada seorang peternak lele di wilayah cibinong yang akhirnya terpaksa menutup usahanya karena tidak tahan dengan pencurian-pencurian ini, bahkan menurutnya pencurian ini sudah sampai taraf terang-terangan.

Mereka tidak takut lagi untuk masuk wilayah budi daya dengan berkelompok 5-10 orang dengan membawa senjata tajam dan terang-terangan mengambil lele yang ada di kolam.

Sehingga untuk anda yang tertarik untuk usaha budi daya lele ini tentu anda harus juga mempertimbangkan faktor keamanan wilayah budi dayanya bukan hanya teknik budi daya maupun teknik pemasarannya saja.

3. USAHA GROSIR MAKANAN RINGAN / SNACK

Selanjutnya untuk jenis usaha yang mudah dijual berikutnya adalah usaha grosir makanan ringan /  snack.

Apabila daerah anda banyak sekolah, kemudian banyak warung-warung kelontong di sekitar yang masih cukup ramai, maka usaha grosir makanan ringan / snack dapat menjadi jenis usaha yang akan mudah mendapatkan pembeli.

analisa usaha jajanan anak

Warung kelontong tentunya akan banyak dikunjungi oleh anak-anak, remaja bahkan orang dewasa untuk jajan dan seringkali makanan ringan akan menjadi pilihan mereka.

Tidak jarang juga ibu-ibu yang membekali anaknya ke sekolah dengan berbagai jenis makanan ringan sejenis biskuat, marie regal, dsb.

Sudah barang tentu untuk mendapatkan makanan ringan tersebut mereka akan membelinya di warung kelontong di dekat rumah, dan warung kelontong tersebut tentunya akan mencarinya di grosir makanan ringan / snack tersebut.

sangat jarang sekali warung kelontong yang membelinya langsung dari pabrik, umumnya mereka akan tetap mencari grosir makan ringan / snack ini.

Saya sendiri pernah mencoba membuka warung kelontong dan dari pengamatan saya waktu itu makanan ringan / snack menjadi barang yang paling sering dibeli baik oleh anak-anak maupun orang dewasa (diluar rokok tentunya).

Bahkan saat toko tersebut saya ubah menjadi rental PS2 yang sempat jaya pada masanya, usaha makanan ringan saya tetap jalan bahkan lebih laris daripada sebelumnya.

Saat zaman berganti dan toko saya kemudian saya ubah lagi menjadi warnet, makanan ringan / snack ini bahkan jauh lebih laris lagi sehingga tidak jarang saya harus bolak balik ke grosir makanan ringan setiap 2-3 hari sekali karena ada saja makanan ringan yang habis stoknya.

Bagi anda yang tertarik untuk usaha ini maka anda bisa lebih kreatif dengan mencoba menawarkan untuk supply ke warnet-warnet dengan sistem antar setiap beberapa hari sekali.

Hal ini tentunya akan disambut baik oleh para pemilik warnet karena hal itu bisa berarti income tambahan bagi mereka.

Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah di sekitar daerah anda sudah banyak berdiri indomaret ataupun alfamart, karena biar bagaimanapun hal tersebut akan mempengaruhi tingkat persaingan walau tentu tetap masih ada kesempatan.

Untuk pengalaman saya tadi saat saya membuka warnet, di sekitar daerah saya banyak berdiri Indomaret dan Alfamart namun para pemain tentu enggan untuk keluar ke indomaret sekedar untuk membeli makanan ringan sehingga makanan ringan di tempat saya pun tetap laris.

Juga perlu diperhatikan bahwa usaha makanan ringan atau snack ini memiliki margin keuntungan yang sangat-sangat tipis sehingga perlu menjual dalam jumlah yang cukup signifikan, juga produk ini juga memiliki masa ekspired sehingga harus bisa terjual dalam jangka waktu tertentu.

4. USAHA APLIKASI / GAME ANDROID

Untuk jenis usaha ke empat saya memilih usaha game/aplikasi game android.

Dengan semakin masifnya penggunaan gadget terutama handphone menjadikan para pengguna handphone menjadi calon pembeli yang sangat potensial untuk dilirik.

analisa usaha yang mudah penjualannya

Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah melihat peluang ini sehingga banyak yang menjadikan platform android sebagai lahan mereka mengiklankan produk mereka.

Tentunya ini bukan uang yang jumlahnya sedikit, dan inilah yang potensial kita gaet jika kita memang memiliki skill untuk menghasilkan aplikasi / game android yang berkualitas.

Jadi kita bukan menjual aplikasi / game kita melainkan jika aplikasi banyak didownload dan mendapatkan review yang baik maka tentunya para pengiklan akan berlomba-lomba memasang iklan di aplikasi kita dengan bayaran yang cukup  lumayan.

Kita tentu masih ingat bagaimana seorang mantan kuli panggul bangunan kemudian belajar otodidak dan bisa menghasilkan aplikasi android yang memberikannya penghasilan ribuan dollar.

Kendala utama untuk menjalankan jenis usaha ini adalah kita harus menguasai teknik pemrograman aplikasi/game android yang tentu bisa kita pelajari asalkan kita ulet dan tekun.

5. USAHA AFFILIATE MARKETING

Dan terakhir jenis usaha yang mudah pemasarannya adalah jenis usaha affiliate marketing.

Yup saya sendiri sudah mulai merasakan betapa mudahnya melakukan usaha affiliate marketing ini, khususnya adsense.

Dengan menjalankan usaha affiliate marketing ini kita tidak perlu berusaha menjual sesuatu, tugas kita hanyalah membuat artikel, membuat video, ataupun berinteraksi di media sosial untuk mengarahkan pembeli ke link afiliasi kita.

Ibarat membangun jaring, semakin banyak artikel , video atau link kita sebar maka akan semakin rapat jaring kita terbentuk sehingga potensi untuk dapat menjaring calon pembeli juga semakin besar.

Jadi intinya kita tidak menjual, melainkan kita fokus untuk membangun jaring.

Buat yang belum mengerti prinsip kerja Affiliate marketing mungkin bisa mempelajarinya di SINI

Namun dalam membangun jaring ini kita tetap harus mengerti trik-trik dan langkah-langkah yang tepat jangan sampai menggunakan cara-cara curang karena terutama google sudah memasang rambu-rambu untuk mendeteksi apabila ada kecurangan dalam proses kita membangun jaring tersebut.

Apabila google mendeteksi kecurangan tersebut tentu ada sanksi yang dikenakan oleh google , seperti penurunan peringkat bahkan sampai de-index yaitu artikel, video kita tidak akan muncul dalam hasil pencarian google sehingga sudah bisa dipastikan trafik / pengunjung yang melihat web/video kita akan menurun drastis.

Akibatnya semua usaha kita berjerih lelah membangun asset (jaring) kita akan terbuang percuma atau sia-sia.

Dalam melakukan usaha yang kelima ini, kita harus benar-benar super sabar dan ulet.

Karena pengalaman saya untuk awal-awal mungkin semangat masih menyala-nyala namun di pertengahan jalan banyak yang bertumbangan karena faktor jenuh, merasa bahwa pekerjaannya sia-sia dan merasa bahwa usahanya tidak sebanding dengan hasilnya.

Untuk itu bagi yang berminat menjalankan usaha yang satu ini harus punya komunitas yang benar-benar mendukung dan saling menyemangati, seperti saya yang selalu tergabung dengan komunitas SB1M baik melalui mentor maupun melalui rekan-rekan lainnya di forum spesial Facebook SB1M.

Namun jika sudah mulai memetik hasilnya maka kita akhirnya akan merasa bahwa ternyata usaha ini memang benar-benar bisa menghasilkan, hanya saja usaha ini adalah usaha jangka panjang yang tidak bisa dijadikan sebagai usaha andalan hidup di saat anda memulainya.

Seberapa cepat usaha ini berkembang tergantung bagaimana anda menguasai trik-triknya dan seberapa banyak action yang sudah dilakukan.

Saya sendiripun mulai serius di adsense baru beberapa bulan saja dan ini grafik adsense saya

trik bermain adsense

Masih kecil memang, namun terus meningkat seiring waktu dan saat artikel ini ditulis saldo saya sudah diatas angka dua ratus ribuan rupiah.

Masih banyak yang harus dipelajari, namun ini adalah usaha impian saya dan saya akan terus membangun assetnya sehingga saya yakin ke depan usaha ini akan menghasilkan bagi saya.

Usaha ini bersifat autopilot yang artinya jika sudah terbentuk jaringnya maka tanpa saya harus monitor setap hari usaha ini akan tetap berjalan dengan sendirinya.

Jika ada diantara rekan-rekan pembaca yang mengetahui trik untuk mempercepat penghasilan adsense silahkan dishare di kolom komentar untuk sama-sama berbagi, trik yang jujur dan diperbolehkan google tentunya.

Untuk anda yang mau tahu lebih jauh mengenai Affiliate Marketing ini bahkan jenis usaha lainnya, yuk bergabung dengan komunitas kita di SB1M dengan klik link daftar di bawah ini, untuk pendaftaran awal gratis kok anda hanya perlu mencantumkan nama, alamat email dan handphone untuk kemudian nanti akan dikirimkan tutorial-tutorial bisnis online selang beberapa hari sekali.

 

 

 

Demikian sharing saya mengenai 5 jenis usaha yang mudah pemasarannya , semoga berguna buat rekan-rekan semua, selamat berusaha !!

Berikut artikel yang mungkin juga menarik untuk anda :

Youtube..oh youtube….kenapa dikau begitu kejam sekarang ….

6 langkah mudah memulai bisnis online dari nol

 

 

Usaha Sablon Kaos Satuan | Berbagi Pengalaman
Bagaimana Menghasilkan Uang Melalui Youtube | Mudah Menjadi Youtuber
Yuk bagikan artikel ini